STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Kelas I,Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
1.Mengenal anggota tubuh serta
dan kegunaannya,serta cara
perawatannya
|
1.1
Mengenal bagian-bagian
tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
1.2
Mengidentifikasi
kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan
kuat ( makanan,air,pakaian,udara,lingkungan
sehat)
1.3
Membiasakan
hidup sehat
|
2.Mengenal cara memelihara
lingkungan
agar tetap sehat
|
2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar
tetap sehat
2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan
lingkungan tidak
sehat
2.3 Menceritakan perlunya merawat
tanaman,hewan
Peliharaan dan lingkungan
sekitar
|
Benda dan
sifatnya
3.Mengenal berbagai sifat benda
dan kegunaannya melalui
pengamatan perubahan
bentuk benda
|
3.1 Mengidenifikasi benda yang ada di
lingkungan sekitar
berdasarkan cirinya melalui
pengamatan
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah
bentuknya
3.3 Mengidentifikasi kegunaan benda
dilingkungan sekitar
|
Kelas I,Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan
perubahannya
4.Mengenal berbagai bentuk
energy dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Membedakan gerak benda yang mudah
bergerak dengan
yang sulit bergerak melalui
percobaan
4.2 Menidentifikasi penyebab benda bergerak
(batere,per/pegas,
dorongan tangan ,dan Magnet )
|
Bumi dan
Alam Semesta
5.Mengenal berbagai Benda
langit
dan peristiwa alam
(cuaca dan musim )serta
pengaruhnya terhadap
kegiatan manusia.
|
5.1 Mengenal berbagai benda langit melalui
pengamatan
5.2 Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita
5.3 Membedakan pengaruh musim kemarau
dengan musim
hujan terhadap kegiatan manusia
|
Kelas II,Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
1.Mengenal bagian –bagian
utama
tubuh hewan dan
tumbuhan,pertumbuhan
hewan
dan tumbuhan serta
berbagai
tempat hidup
makhluk hidup
|
1.1
Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan
disekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan
1.2
Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan
hewan(dalam ukuran)dan tumbuhan
(dari biji menjadi tanaman)
1.3
Mengidentifikasi
berbagai tempat hidup makhluk hidup
(air,tanah dan tempat lainnya)
1.4
Mengidentifikasi
makhluk hidup yang menguntungkan dan
membahayakan
|
Benda dan
Sifatnya
2. Mengenal berbagai bentuk
benda dan kegunaannya
serta perubahan wujud yang
dapat dialaminya
|
2.1 Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat
dan cair yang ada di
lingkungan sekitar
2.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud
benda(plastisin
/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu
2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang
dikenal dan kegunaan
nya melalui pengamatan
|
KelasII,Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan
Perubahannya
3.Mengenal berbagai sumber
energy
yang sering dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari
dan kegunaannya
|
3.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energy
(panas,listrik,
cahaya,dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar
3.2 Mengidentifikasi jenis energy yang
paling sering digunakan
di lingkungan sekitar dan cara
menghematnya
|
Bumi dan
Alam Semesta
4. Memahami peristiwa alam
dan pengaruh matahari
dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari
pada pagi,siang dan
sore hari
4.2 Mendeskrifsikan kegunaan panas dan
cahaya matahari dalam
kehidupan sehari-hari
|
Kelas III,Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
1.Memahami cirri-ciri dan
kebutuhan
makhluk hidup
serta hal-hal yang mem
pengaruhi
perubahan pada
makhluk hidup
|
1.1 Mengidentifikasi cirri-ciri dan
kebutuhan
makhluk
hidup
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara
sederhana
1.4
Mendeskrifsikan
perubahan yang terjadi
pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (
makanan,kesehatan,rekreasi,istirahat dan olah raga )
|
2.Memahami kondisi ling
kungan
yang berpengaruh
terhadap kesehatan,dan
upaya menjaga kesehatan
lingkungan
|
2.1 Membedakan cirri-ciri lingkungan sehqt
dan
lingkungan tidak sehat
berdasarkan
pengamatan.
2.2 Mendeskrifsikan kondisi lingkungan yang
berpengaruh terhadap kesehatan
2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan
lingkungan sekitar
|
Benda dan
Sifatnya
3.Memahami sifat-sifat,peruba
han
sifat benda dan kegunaan
nya
dalam kehidupan sehari-
hari
|
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda
berdasarkan pengamatan meliputi benda
padat,cair,dan gas
3.2 Mendeskrifsikan
perubahan sifat benda
(ukuran,bentuk,warna,atau
rasa)yang dapat
di amati akibat dari
pembakaran,pema
nasan,dan diletakkan di udara terbuka
3.3 Menjelaskan kegunaan benda
pelastik,kayu,
kaca,dan kertas
|
Kelas III,Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan
Perubahannya
4. Memahami berbagai cara
gerak
benda,hubung
annya
dengan energy dan
sumber
energy
|
4.1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa
gerak benda
dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
4.2 Mendeskrifsikan hasil pengamatan
tentang pengaruh energy
panas,gerak,getaran dalam kehidupan sehri-hari
4.3 Mengidentifiasi sumber energy dan
kegunaannya
|
5. Menerapkan konsep energy
gerak
|
5.1 Membuat kincir angin untuk menunjukkan
bentuk energy
angin dapat di ubah menjadi
energy gerak
5.2 Menerapkan cara menghemat energy dalam
kehidupan
sehari-hari
|
Bumi dan
Alam Semesta
6.Memahami kenampakan
permukaan bumi,cua
ca
dan pengaruhnya bagi
manusia,serta
hubu
ngannya
dengan cara manusia
memelihara
dan melestarikan
alam
|
6.1 Mendeskrifsikan kenampakan permukaan
bumi di ling
kungan sekitar
6.2 Menjelaskan hubungan antara keadaan
awan dan cuaca
6.3 Mendeskrifsiakn pengaruh cuaca bagi
kegiatan manusia
6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam
memelihara dan
melestariakan alam di lingkungan sekitar
|
Kelas IV,Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
1.Memahami hubungan antara
struktur
organ tubuh manusia
dengan fingsinya,serta
pemeliharaannya
|
1.1 Mendeskrifsikan hubungan antara
struktur kerangka tubuh
manusia dengan fungsinya
1.2 Menerapkan cara memelihara kesehatan
kerangka tubuh
1.3
Mendeskrifsikan hubungan antara struktur panca indera
dengan fungsinya
1.5
Menerapkan
cara memelihara kesehatan panca indera
|
2.Memahami hubungan antara
struktur
bagian tumbuhan
dengan
fungsinya
|
2.1 Menjelaskan
hubungan antara struktur akar tumbuhan
dengan fungsinya
2.2 Menjelaskan
hubungan antara struktur batang tumbuhan
dengan fungsinya
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur
daun tumbuhan
dengan fungsinya
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga
dengan fungsinya
|
3.Menggolongkan
hewan,berdasarkan
jenis
makanannya
|
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan
3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis
makanannya
|
4.Memahami daur hidup
beragam
jenis makhluk hidup
|
4.1 Mendeskrifsikan daur hidup beberapa
hewan dilingkungan
sekitar,misalnya kecoa,nyamuk,kupu-kupu,kucing
4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan
peliharaan,misalnya kucing,ayam,ikan
|
5.Memahami hubungan sesame
makhluk
hidup dan antara
makhluk
hidup dengan
lingkungannya
|
5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis
hubungan khas(simbiosis)
dan hubungan”makan dan dimakan”antar makhluk hidup
(rantai makanan)
5.2 Mendeskrifsikan hubungan antara makhluk
hidup dengan
lingkungannya
|
Benda dan
Sifatnya
6.Memahami beragam sifat dan
perubahan
wujud benda serta
berbagai
cara penggunaan
benda berdasarkan sifatnya
|
6.1 Mengidentifikasi wujud benda
padat,cair,dan gas memiliki
sifat tertentu
6.2 Mendeskrifsikan terjadinya perubahan
wujud cair—padat—
cair;cair—gas—cair;padat--gas
6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan
dengan
kegunaannya
|
Kelas IV,Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan
Perubahannya
7.Memahami gaya dapat
mengubah
gerak dan/atau
bentuk suatu benda
|
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa
gaya(dorongan dan
tarikan)dapat mengubah gerak benda
7.2 Menyimulkan hasil percobaan bahwa
gaya(dorongandan
tarikan)dapat mengubah bentuk suatu benda
|
8.Memahami berbagai bentuk
energy
dan cara pengguna
annya
dalam kehidupan
sehari-hari
|
8.1 Mendeskrifsikan energy panas dan bunyi
yang terdapat
dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
8.2 Menjelaskan berbagai energy alternative
dan cara
penggunaannya
8.3 Membuat suatu karya/model untuk
menunjukkan perubahan
energy gerak akibat pengaruh udara,misalna roket dari
kertas/baling-baling/pesawatkertas/parasut
8.4 Menjelaskan perubahan energy bunyi
melalui penggunaan
alat music
|
Bumi dan
Alam Semesta
9.Memahami perubahan
kenampakan
permukaan
bumi
dan benda langit
|
9.1Mendeskrifsikan perubahan kenampakan
bumi
9.2 Mendeskrifsiakan posisi bulan dan
kenampakan bumi dari
hari kehari
|
10.Memahami perubahan
lingungan fisik dan
pengaruhnya terhadap
daratan
|
10.1 Mendeskrifsikan berbagai penyebab
perubahan lingkungan
fisik(angin,hujan,cahaya matahari,dan gelombang air laut)
10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan
lingkungan fisik
terhadap daratan (erosi,abrasi,banjir,dan longsor)
10.3 Mendeskrifsikan cara pencegahan
kerusakan lingkungan
(erosi,abrasi,banjir,dan longsor)
|
11.Memahami hubungan antara
sumber daya alam dengan
lingkungan,teknologi,dan
masyarakat
|
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumberdaya
alam dengan
lingkungan
11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber
daya alam dengan
teknologi yang digunakan
11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan
alam terhadap
pelestarian ;ingkungan
|
Kelas V,Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
1.Mengidentifikasi fungsi organ
tubuh
manusia dan hewan
|
1.1 Mengidentifikasi fungsi organ
pernafasan manusia
1.2 Mengidentifikasi fungsi organ
pernafasan hewan misalnya
ikan dan caing tanah
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ
pencernaan manusia dan
hubungannya dengan makanan dan kesehatan
1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah
manusia
1.6
Mengidentifikasi
ganggguan pada organ peredaran darah
manusia
|
2.Memahami cara tumbuhan
hijau
membuat makanan
|
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau
membuat makanan
2.2 Mendeskrifsiakn ketergantaungan manusia
dan hewan pada
tumbuhanhijau sebagai sumber makanan
|
3.Mengidentifikasi cara
makhluk
hdup menyesuaikan
diri
dengan lingkungan
|
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan
denganlingkungan
tertentu untuk mempertahannkan
hidup
3.2 Mengidentifikasi penyesuaiandiri
tumbuhan dengan
lingkungan tertentu untuk mempertahankan hdup
|
Benda dan
Sifatnya
4.Memahami hubungan antara
sifat
bahan dengan
penyusunnya
dan perubahan
sifat
benda sebagai hasil
suatu
proses
|
4.1 Mendeskrifsikan hubungan antara sifat
bahan dengan bahan
penyusunnya,misalnya benang,kain,dan kertas
4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang
perubahan sifat
benda,baik sementara maupun tetap
|
Kelas V,Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan
Perubahannya
5.Memahami hubungan antara
gaya,gerak,dan
energy,serta
fungsinya
|
5.1 Mendeskrifsikan hubungan antara
gaya,gerak dan energy
melalui percobaan (gaya gravitasi,gaya gesek,gaya magnet)
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang
dapat membuat
pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
|
6.Menerapkan sifat-sifat cahaya
melalui
kegiatan membuat
suatu
karya/model
|
6.1 Mendeskrifsiakan sifat-sifat cahaya
6.2 Membuat suatu karya/model.msalnya
periskop atau lensa
dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
|
Bumi dan Alam
Semesta
7.Memahami perubahan yang
terjadi
dialam dan
hubungannya
dengan
penggunaan
sumber daya
alam
|
7.1 Mendeskrifsikan proses pembentukan
tanah karena
pelapukan
7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
7.3 Mendeskrifsikan struktur bumi
7.4 Mendeskrifsikan proses daur air dan
kegiatan manusia yang
dapat mempengaruhinya
7.5 Mendeskrifsikan perlunya penghematan
air
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang
terjadi di Indonesia
dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan
manusiayang dapat
mengubah permukaan bumi (pertanian,perkotaan,dsb)
|
KelasVI,Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
1.Memahami hubungan antara
cirri-ciri
makhluk hidup
dengan
lingkungan tempat
hidupnya
|
1.1
Mendeskrifsikan,hubungan
antara cirri-ciri khusus yang
dimiliki hewan
(kelelawar,cicak,bebek) dan lingkungan
hidupnya
1.2
Mendeskrifsikan
hubungan antara cirri-ciri khusus yang
dimiliki tumbuhan
(Kaktus,tumbuhan pemakan serangga)dengan lingkungan hidupnya
|
2.Memahami cara perkembang
biakan
makhluk hidup
|
2.1 Mendeskrifsikan perkembangan dan
pertumbuhan manusia
dari bayi sampai lanjut usia
2.2 Mendeskrifsiakn cirri-ciri perkembangan
fisik anak laki-laki
dan perempuan
2.3 Mengidentifikasi cara perkembang biakan
tumbuhan dan
hewan
2.4 Mengidentifikasi
cara perkembang biakan manusia
|
3.Memahami pengaruh kegiatan
manusia
terhadap
keseimbangan
lingkungan
|
3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang
dapat
mempengaruhi keseimbangan alam(ekosistem)
3.2 Mengidentifikasibagian tumbuhan yang
sering di manfaatkan
manusia yang mengarah pada ketidak seimbangan
lingkungan
3.3 Mengidentifikasi bagien tbuh hewan yang
sering
dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidak
seimbangan lingkungan
|
4.Memahami pentingnya
pelestarian
jenis makhluk
hidup
untuk mencegah
kepunahan
|
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati
kepunahan
4.2 Mendeskrifsikan pentingnya pelestarian
jenis makhluk hidup
untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan
kehidupan masyarakat
|
Benda dan
Sifatnya
5.Memahami saling hubungan
antara
suhu,sifat hantaran
dan
kegunaan benda
|
5.1 Membandingkan sifat kemampuan
menghantarkan panas
dari berbagai benda
5.2 Menjelaskan alas an pemilihan benda
dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
|
6.Memahami factor penyebab
perubahan
benda
|
6.1 Menjelaskan factor-faktor penyebab
perubahan
benda(pelapukan,perkaratan,pembusukan)melalui
pengamatan
6.2 Mengidentifikasi factor-faktor yang
menentukan pemilihan
benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet,logam,kayu,
plastic) dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas VI,Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan
Perubahannya
7.Mempraktikkan pola
penggunaan
dan perpindahan
energy
|
7.1 Melakukan percobaan untuk
menyelidikihubungan antara
gaya dan gerak(model jungkat jungkit,katapel/model traktor
sederhana energi pegas)
7.2 Menyajikan informasi tentang
perpindahan dan perubahan
energy listrik
|
8.Memahami pentingnya
penghematan
energy
|
8.1 Mengidentifikasi kegunaan energy
listrik dan berpartisipasi
dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
8.2 Membuat suatu karya/model yang
menggunakan energy
listrik(bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/kapal
terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah )
|
Bumi dan
Alam Semesta
9.Memahami matahari sebagai
pusat
tata surya dan interaksi
bumi
dalam tata surya
|
9.1 Mendeskrifsiakan system tata surya dan
posis,penyusun tata
surya
9.2 Mendeskrifsikan peristiwa rotasi
bumi,revolusi bumi dan
revolusi bulan
9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan
dan gerhana mata hari
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi
dan kalender
Hijriah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar