Selasa, 14 Agustus 2012

SK dan KD IPA


STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

Kelas I,Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Makhluk Hidup  dan Proses Kehidupan

1.Mengenal anggota tubuh serta
    dan kegunaannya,serta cara
    perawatannya




1.1   Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta  cara
 perawatannya.
1.2   Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan
 kuat ( makanan,air,pakaian,udara,lingkungan sehat)
1.3   Membiasakan hidup sehat


2.Mengenal cara memelihara   
    lingkungan agar tetap sehat

2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat

2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak
       sehat
2.3 Menceritakan perlunya  merawat  tanaman,hewan
       Peliharaan dan lingkungan sekitar


Benda dan sifatnya

3.Mengenal berbagai sifat benda
    dan kegunaannya melalui
    pengamatan perubahan
    bentuk benda



3.1 Mengidenifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar
       berdasarkan cirinya melalui pengamatan
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
3.3 Mengidentifikasi kegunaan benda dilingkungan sekitar
















Kelas I,Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Energi dan perubahannya

4.Mengenal berbagai bentuk
     energy dan manfaatnya
     dalam kehidupan sehari-hari



4.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan
        yang sulit bergerak melalui percobaan

4.2 Menidentifikasi penyebab benda bergerak (batere,per/pegas,
       dorongan tangan ,dan Magnet )


Bumi dan Alam Semesta

5.Mengenal berbagai Benda
    langit dan peristiwa alam
   (cuaca dan musim )serta
    pengaruhnya terhadap
     kegiatan manusia.



5.1 Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan

5.2 Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita

5.3 Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim
       hujan terhadap kegiatan manusia

Kelas II,Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

1.Mengenal bagian –bagian    
     utama tubuh hewan dan
     tumbuhan,pertumbuhan
     hewan dan tumbuhan serta
     berbagai tempat hidup
     makhluk hidup




1.1   Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan  
 disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan

1.2   Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan
hewan(dalam ukuran)dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)

1.3   Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup
 (air,tanah dan tempat lainnya)

1.4   Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan
 membahayakan


Benda dan Sifatnya

2. Mengenal berbagai bentuk
     benda dan kegunaannya
     serta perubahan wujud yang
     dapat dialaminya



2.1 Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di
       lingkungan sekitar

2.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda(plastisin
        /tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu

2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaan
       nya melalui pengamatan

KelasII,Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Energi dan Perubahannya

3.Mengenal berbagai sumber
    energy yang sering dijumpai
    dalam kehidupan sehari-hari
    dan kegunaannya



3.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energy (panas,listrik,
       cahaya,dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar

3.2 Mengidentifikasi jenis energy yang paling sering digunakan
        di lingkungan sekitar dan cara menghematnya


Bumi dan Alam Semesta

4. Memahami peristiwa alam
     dan pengaruh matahari
     dalam kehidupan sehari-hari



4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi,siang dan
       sore hari

4.2 Mendeskrifsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam
        kehidupan sehari-hari

Kelas III,Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

1.Memahami cirri-ciri dan
     kebutuhan makhluk hidup
     serta hal-hal yang mem
     pengaruhi perubahan pada
     makhluk hidup




1.1 Mengidentifikasi cirri-ciri dan kebutuhan
 makhluk  hidup
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara
       sederhana
1.4   Mendeskrifsikan perubahan yang terjadi
 pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak ( makanan,kesehatan,rekreasi,istirahat dan olah raga )

2.Memahami kondisi ling
     kungan yang berpengaruh
     terhadap kesehatan,dan
     upaya menjaga kesehatan
     lingkungan


2.1 Membedakan cirri-ciri lingkungan sehqt dan
        lingkungan tidak sehat berdasarkan
        pengamatan.

2.2 Mendeskrifsikan kondisi lingkungan yang
        berpengaruh terhadap kesehatan
2.3 Menjelaskan  cara menjaga kesehatan
        lingkungan sekitar

Benda dan Sifatnya

3.Memahami sifat-sifat,peruba
   han sifat benda dan kegunaan
   nya dalam kehidupan sehari-
   hari

3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda
      berdasarkan pengamatan meliputi benda
       padat,cair,dan gas

3.2  Mendeskrifsikan perubahan sifat benda
        (ukuran,bentuk,warna,atau rasa)yang dapat
        di amati akibat dari pembakaran,pema
         nasan,dan diletakkan di udara terbuka

3.3 Menjelaskan kegunaan benda pelastik,kayu,
        kaca,dan kertas


Kelas III,Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Energi dan Perubahannya

4. Memahami berbagai cara
     gerak benda,hubung
     annya dengan energy dan
     sumber energy




4.1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda
       dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran

4.2 Mendeskrifsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energy
       panas,gerak,getaran dalam kehidupan sehri-hari

4.3 Mengidentifiasi sumber energy dan kegunaannya


5. Menerapkan konsep energy
     gerak
5.1 Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energy
       angin dapat di ubah menjadi energy gerak

5.2 Menerapkan cara menghemat energy dalam kehidupan
       sehari-hari


Bumi dan Alam  Semesta

6.Memahami kenampakan
    permukaan bumi,cua
    ca dan pengaruhnya bagi
    manusia,serta hubu
    ngannya dengan cara manusia
    memelihara dan melestarikan
    alam
6.1 Mendeskrifsikan kenampakan permukaan bumi di ling
       kungan sekitar

6.2 Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca

6.3 Mendeskrifsiakn pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia

6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan
       melestariakan alam di lingkungan sekitar


Kelas IV,Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.Memahami hubungan antara  
    struktur organ tubuh manusia
   dengan fingsinya,serta
   pemeliharaannya


1.1 Mendeskrifsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh
       manusia dengan fungsinya

1.2 Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh

1.3  Mendeskrifsikan hubungan antara struktur panca indera
        dengan fungsinya
1.5   Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera


2.Memahami hubungan antara
    struktur bagian tumbuhan
    dengan fungsinya

2.1  Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan  
       dengan fungsinya

2.2  Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan
        dengan fungsinya

2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan  
       dengan fungsinya

2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya


3.Menggolongkan
    hewan,berdasarkan jenis
    makanannya

3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan

3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya


4.Memahami daur hidup
     beragam jenis makhluk hidup

4.1 Mendeskrifsikan daur hidup beberapa hewan dilingkungan
       sekitar,misalnya kecoa,nyamuk,kupu-kupu,kucing

4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan
       peliharaan,misalnya kucing,ayam,ikan

5.Memahami hubungan sesame
    makhluk hidup dan antara
    makhluk hidup dengan
    lingkungannya

5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas(simbiosis)
       dan hubungan”makan dan dimakan”antar makhluk hidup
       (rantai makanan)

5.2 Mendeskrifsikan hubungan antara makhluk hidup dengan
       lingkungannya

Benda dan Sifatnya

6.Memahami beragam sifat dan
    perubahan wujud benda serta
    berbagai cara penggunaan
    benda berdasarkan sifatnya



6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat,cair,dan gas memiliki
       sifat tertentu

6.2 Mendeskrifsikan terjadinya perubahan wujud cair—padat—
       cair;cair—gas—cair;padat--gas

6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan
       kegunaannya




Kelas IV,Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Energi dan Perubahannya

7.Memahami gaya dapat
    mengubah gerak dan/atau
    bentuk suatu benda



7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya(dorongan dan  
        tarikan)dapat mengubah gerak benda

7.2 Menyimulkan hasil percobaan bahwa gaya(dorongandan
       tarikan)dapat mengubah bentuk suatu benda

8.Memahami berbagai bentuk
    energy dan cara pengguna
    annya dalam kehidupan
    sehari-hari

8.1 Mendeskrifsikan energy panas dan bunyi yang terdapat
       dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya

8.2 Menjelaskan berbagai energy alternative dan cara   
       penggunaannya

8.3 Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan perubahan
       energy gerak akibat pengaruh udara,misalna roket dari
       kertas/baling-baling/pesawatkertas/parasut

8.4 Menjelaskan perubahan energy bunyi melalui penggunaan
       alat music

Bumi dan Alam Semesta

9.Memahami perubahan
    kenampakan permukaan    
    bumi dan benda langit



9.1Mendeskrifsikan perubahan kenampakan bumi

9.2 Mendeskrifsiakan posisi bulan dan kenampakan bumi dari  
       hari kehari

10.Memahami perubahan
      lingungan fisik dan
      pengaruhnya terhadap
      daratan

10.1 Mendeskrifsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan
          fisik(angin,hujan,cahaya matahari,dan gelombang air laut)

10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik
          terhadap daratan (erosi,abrasi,banjir,dan longsor)

10.3 Mendeskrifsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan
         (erosi,abrasi,banjir,dan longsor)

11.Memahami hubungan antara
      sumber daya alam dengan
      lingkungan,teknologi,dan
      masyarakat

11.1 Menjelaskan hubungan antara sumberdaya alam dengan
          lingkungan

11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan
          teknologi yang digunakan

11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap
          pelestarian ;ingkungan


Kelas V,Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

1.Mengidentifikasi fungsi organ
    tubuh manusia dan hewan




1.1 Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan manusia

1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan hewan misalnya
       ikan dan caing tanah

1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan
       hubungannya dengan makanan dan kesehatan
1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia

1.6   Mengidentifikasi ganggguan pada organ peredaran darah
manusia


2.Memahami cara tumbuhan
    hijau membuat makanan

2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan

2.2 Mendeskrifsiakn ketergantaungan manusia dan hewan pada
       tumbuhanhijau sebagai sumber makanan


3.Mengidentifikasi cara
    makhluk hdup menyesuaikan
    diri dengan lingkungan

3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan denganlingkungan
       tertentu  untuk mempertahannkan hidup

3.2 Mengidentifikasi penyesuaiandiri tumbuhan dengan    
       lingkungan tertentu untuk mempertahankan hdup


Benda dan Sifatnya

4.Memahami hubungan antara  
    sifat bahan dengan
    penyusunnya dan perubahan
    sifat benda sebagai hasil
    suatu proses


4.1 Mendeskrifsikan hubungan antara sifat bahan dengan  bahan
       penyusunnya,misalnya benang,kain,dan kertas

4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat
       benda,baik sementara maupun tetap









Kelas V,Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Energi dan Perubahannya

5.Memahami hubungan antara
    gaya,gerak,dan energy,serta   
    fungsinya



5.1 Mendeskrifsikan hubungan antara gaya,gerak dan energy
       melalui percobaan (gaya gravitasi,gaya gesek,gaya magnet)

5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat
       pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat


6.Menerapkan sifat-sifat cahaya
    melalui kegiatan membuat
    suatu karya/model


6.1 Mendeskrifsiakan  sifat-sifat cahaya

6.2 Membuat suatu karya/model.msalnya periskop atau lensa
      dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya


Bumi dan Alam Semesta

7.Memahami perubahan yang
    terjadi dialam dan  
    hubungannya dengan
    penggunaan sumber daya
    alam



7.1 Mendeskrifsikan proses pembentukan tanah karena
       pelapukan

7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah

7.3 Mendeskrifsikan struktur  bumi

7.4 Mendeskrifsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang
       dapat mempengaruhinya
7.5 Mendeskrifsikan perlunya penghematan air

7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
       dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusiayang dapat
       mengubah permukaan bumi (pertanian,perkotaan,dsb)











KelasVI,Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

1.Memahami hubungan antara
    cirri-ciri makhluk hidup
    dengan lingkungan tempat
    hidupnya




1.1   Mendeskrifsikan,hubungan antara cirri-ciri khusus yang
dimiliki hewan (kelelawar,cicak,bebek) dan lingkungan  hidupnya

1.2   Mendeskrifsikan hubungan antara cirri-ciri khusus yang
dimiliki tumbuhan (Kaktus,tumbuhan pemakan serangga)dengan lingkungan  hidupnya


2.Memahami cara perkembang
    biakan makhluk hidup

2.1 Mendeskrifsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia
       dari bayi sampai lanjut usia

2.2 Mendeskrifsiakn cirri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki
       dan perempuan

2.3 Mengidentifikasi cara perkembang biakan tumbuhan dan
       hewan

2.4  Mengidentifikasi cara perkembang biakan manusia


3.Memahami pengaruh kegiatan
    manusia terhadap
    keseimbangan lingkungan

3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat
       mempengaruhi keseimbangan alam(ekosistem)

3.2 Mengidentifikasibagian tumbuhan yang sering di manfaatkan  
       manusia yang mengarah pada ketidak seimbangan
       lingkungan

3.3 Mengidentifikasi bagien tbuh hewan yang sering
       dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidak  
       seimbangan lingkungan

4.Memahami pentingnya
    pelestarian jenis makhluk
    hidup untuk mencegah
    kepunahan

4.1 Mengidentifikasi  jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati
       kepunahan

4.2 Mendeskrifsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup
       untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan
       kehidupan masyarakat


Benda dan Sifatnya

5.Memahami saling hubungan  
    antara suhu,sifat hantaran
     dan kegunaan benda

5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas  
        dari berbagai benda

5.2 Menjelaskan alas an pemilihan benda dalam kehidupan
       sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas

6.Memahami factor penyebab   
    perubahan benda

6.1 Menjelaskan factor-faktor penyebab perubahan
        benda(pelapukan,perkaratan,pembusukan)melalui
        pengamatan

6.2 Mengidentifikasi factor-faktor yang menentukan pemilihan
        benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet,logam,kayu,
        plastic) dalam kehidupan sehari-hari

Kelas VI,Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Energi dan Perubahannya

7.Mempraktikkan pola
    penggunaan dan perpindahan
    energy



7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidikihubungan antara
       gaya dan gerak(model jungkat jungkit,katapel/model traktor
       sederhana energi pegas)

7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan
       energy listrik


8.Memahami pentingnya
    penghematan energy
8.1 Mengidentifikasi kegunaan energy listrik dan berpartisipasi
       dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari

8.2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan energy
       listrik(bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/kapal
       terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah )


Bumi dan Alam Semesta

9.Memahami matahari sebagai
     pusat tata surya dan interaksi
     bumi dalam tata surya
9.1 Mendeskrifsiakan system tata surya dan posis,penyusun tata
       surya
9.2 Mendeskrifsikan peristiwa rotasi bumi,revolusi bumi dan
       revolusi bulan
9.3 Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana mata hari
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender
        Hijriah






Tidak ada komentar:

Posting Komentar