PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK
INDONESIA
NOMOR 2 TAHUN 2008
TENTANG
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DAN
STANDAR ISI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA
ARAB DI MADRASAH
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA,
Menimbang
|
:
|
a.
|
bahwa
dalam rangka pelaksanaan ketentuan pasal 5 ayat (1) dan (2), pasal 25 ayat (1) dan
pasal 27 ayat (1) Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
telah dikeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006
tentang Standar Isi dan Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi
Lulusan untuk Pendidikan Dasar dan Menengah;
|
b.
|
bahwa Departemen Agama memandang perlu melaksanakan
pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam
(PAI) untuk madrasah sebagaimana amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 22 Tahun 2006;
|
||
c.
|
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud
pada huruf a dan huruf b dipandang perlu menetapkan Peraturan Menteri Agama
Republik Indonesia tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi
Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah
Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.
|
||
Mengingat
|
:
|
1.
|
Undang-Undang Nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik
Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia
Nomor 4301);
|
2.
|
Peraturan Pemerintah Nomor
19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia
Tahun 2005 No. 41, Tambahan Lembaran Negara
Nomor 4496);
|
||
3.
|
Keputusan Menteri Agama
Nomor 372 Tahun 1993 tentang Kurikulum Pendidikan Dasar Berciri Khas Agama
Islam;
|
||
4.
|
Keputusan Menteri Agama Nomor 373 Tahun 1993 tentang Kurikulum
Madrasah Aliyah;
|
||
5.
|
Keputusan Menteri Agama
Nomor 374 Tahun 1993 tentang Kurikulum Madrasah Aliyah Keagamaan.
|
||
Memperhatikan
|
:
|
1.
|
Hasil pembahasan bersama Departemen Agama dan
Organisasi-organisasi Penyelenggara Pendidikan Madrasah tentang Pengembangan
Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab di madrasah pada tanggal 22
Agustus 2007;
|
2.
|
Hasil perumusan bersama Departemen Agama, Badan
Standar Nasional Pendidikan, Peguruan Tinggi Agama Islam, Majelis
Pertimbangan dan Pemberdayaan Pendidikan Agama dan Keagamaan, dan
organisasi-organisasi penyelenggara madrasah pada tanggal 29 Januari 2008.
|
||
MEMUTUSKAN :
Menetapkan
KESATU
KEDUA
KETIGA
KEEMPAT
|
:
:
:
:
:
|
PERATURAN
MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DAN
STANDAR ISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB DI MADRASAH
Menetapkan
Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa
Arab di Madrasah sebagaimana tercantum dalam Lampiran Peraturan ini.
Standar
Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di
Madrasah sebagaimana dimaksud pada diktum KESATU adalah :
a.
Standar
Kompetensi Lulusan Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab untuk Pendidikan
Dasar pada Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah, serta untuk
Pendidikan Menengah pada Madrasah Aliyah;
b.
Standar Isi
Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab untuk Pendidikan Dasar pada Madrasah
Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah, serta untuk Pendidikan Menengah pada
Madrasah Aliyah meliputi struktur mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, lingkup materi
minimal, dan tingkat kompetensi minimal untuk mencapai kompetensi lulusan
minimal.
Standar Kompetensi Lulusan
dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
sebagaimana dimaksud pada Diktum KEDUA sebagai Pedoman dalam Penyelenggaraan pendidikan
pada Madrasah di lingkungan Departemen Agama.
Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
k
|
Ditetapkan di : Jakarta
Pada Tanggal : 6 Mei 2008
MENTERI AGAMA RI,
Cap dan Tandatangan
MUHAMMAD M. BASYUNI
Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 20 Juni 2008
MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK
INDONESIA
Cap dan Tandatangan
ANDI MATTALATTA
BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2008
NOMOR 11
BAB I
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB
MADRASAH IBTIDAIYAH
1.
Al-Qur'an-Hadis
a.
Membaca,
menghafal, menulis, dan memahami
surat-surat pendek dalam al-Qur'an
surat al-Faatihah, an-Naas sampai dengan surat ad-Dhuhaa.
b.
Menghafal,
memahami arti, dan mengamalkan hadis-hadis pilihan tentang akhlak dan amal
salih.
2.
Akidah-Akhlak
Mengenal dan meyakini rukun iman dari iman kepada Allah sampai dengan iman
kepada Qada dan Qadar melalui pembiasaan dalam mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah,
pengenalan, pemahaman sederhana, dan penghayatan terhadap rukun iman dan al-asma’
al-husna, serta pembiasaan dalam pengamalan akhlak terpuji dan adab Islami
serta menjauhi akhlak tercela dalam perilaku sehari-hari.
3.
Fikih
Mengenal dan melaksanakan hukum Islam yang berkaitan dengan rukun Islam
mulai dari ketentuan dan tata cara pelaksanaan taharah, salat, puasa,
zakat, sampai dengan pelaksanaan ibadah hají, serta ketentuan tentang makanan
dan minuman, khitan, kurban, dan cara pelaksanaan jual beli dan pinjam
meminjam.
4.
Sejarah Kebudayaan Islam
Mengenal,
mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Arab pra-
Islam, sejarah Rasulullah SAW, khulafaurrasyidin, serta perjuangan tokoh-tokoh
agama Islam di daerah masing-masing.
5.
Bahasa Arab
a.
Menyimak
Memahami wacana lisan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang perkenalan dan
hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.
b.
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam
bentuk paparan atau dialog tentang
perkenalan dan hal-hal yang ada
di lingkungan rumah maupun madrasah.
c.
Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog tentang perkenalan dan hal-hal
yang ada di lingkungan rumah maupun madrasah.
d.
Menulis
Menuliskan kata,
ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang
tepat.
BAB VI
STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DAN BAHASA ARAB
MADRASAH
IBTIDAIYAH
A. LATAR BELAKANG
Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan
bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut,
salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah
adalah Pendidikan Agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
berakhlak mulia.
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas empat mata
pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis,
Akidah-Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata
pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi.
Al-Qur'an-hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan
sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya
berada di setiap unsur tersebut. Akidah (ushuluddin) atau keimanan merupakan
akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak bertitik
tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah
(keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan)
yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk
lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia,
dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah
(ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya
(muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan
sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan,
kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh
akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan
hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan
bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupannya yang
dilandasi oleh akidah.
Pendidikan Agama Islam (PAI) di
Madrasah Ibtidaiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut memiliki
karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur’an-hadis,
menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara
tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan
sehari-hari. Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan
keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’
al-husna. Aspek akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak
terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih
menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan
baik. Aspek Sejarah Kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi,
dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan
seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah ini
dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk SD/MI, serta
memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:
DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 , tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar
Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan
mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
B. TUJUAN
1.
Al-Qur'an-Hadis
Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis
di Madrasah Ibtidaiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan
pada kemampuan membaca dan menulis al-Qur'an dan hadis dengan benar, serta
hafalan terhadap surat-surat pendek dalam al-Qur'an, pengenalan arti atau makna
secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan hadis-hadis tentang
akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan
dan pembiasaan. Hal ini sejalan dengan misi pendidikan dasar adalah untuk: (1)
pengembangan potensi dan kapasitas belajar peserta didik, yang menyangkut:
rasa ingin tahu, percaya diri, keterampilan berkomunikasi dan kesadaran diri;
(2) pengembangan kemampuan baca-tulis-hitung dan bernalar, keterampilan hidup,
dasar-dasar keimanan dan ketakwaan terhadan Tuhan YME; serta (3) fondasi bagi
pendidikan berikutnya. Di samping itu, juga mempertimbangkan perkembangan
psikologis anak, bahwa tahap perkembangan intelektual anak usia 6-11 tahun
adalah operasional konkret (Piaget). Peserta didik pada
jenjang pendidikan dasar juga merupakan masa social imitation (usia 6 -
9 tahun) atau masa mencontoh, sehingga diperlukan
figur yang dapat memberi contoh dan teladan yang baik dari orang-orang
sekitarnya (keluarga, guru, dan teman-teman sepermainan), usia 9 – 12
tahun sebagai masa second star of individualisation atau masa
individualisasi, dan usia 12-15 tahun
merupakan masa social adjustment atau penyesuaian diri secara
sosial. Secara substansial mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis memiliki kontribusi
dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mencintai kitab sucinya,
mempelajari dan mempraktikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam al-Qur'an-hadis
sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pegangan dan pedoman
hidup dalam kehidupan sehari-hari.
Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk:
a.
Memberikan
kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis, membiasakan, dan
menggemari membaca al-Qur'an dan hadis;
b.
Memberikan
pengertian, pemahaman, penghayatan isi kandungan ayat-ayat al-Qur’an-hadis
melalui keteladanan dan pembiasaan;
c.
Membina dan
membimbing perilaku peserta didik dengan berpedoman pada isi kandungan ayat al-Qur'an dan hadis.
2. Fikih
Mata pelajaran Fikih di
Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang mempelajari
tentang fikih ibadah, terutama menyangkut pengenalan dan pemahaman tentang
cara-cara pelaksanaan rukun Islam dan pembiasaannya dalam kehidupan
sehari-hari, serta fikih muamalah yang menyangkut pengenalan dan pemahaman
sederhana mengenai ketentuan tentang makanan dan minuman yang halal dan haram,
khitan, kurban, serta tata cara pelaksanaan jual beli dan pinjam meminjam.
Secara substansial mata pelajaran Fikih memiliki kontribusi dalam memberikan
motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan dan menerapkan hukum Islam
dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan keserasian, keselarasan, dan
keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu
sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya ataupun lingkungannya.
Mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk membekali
peserta didik agar dapat:
a.
Mengetahui dan
memahami cara-cara pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah
maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan
sosial.
b.
Melaksanakan dan
mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai
perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam
hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama
manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.
3. Akidah-Akhlak
Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu
mata pelajaran PAI yang mempelajari tentang rukun iman yang dikaitkan dengan
pengenalan dan penghayatan terhadap al-asma' al-husna, serta penciptaan
suasana keteladanan dan pembiasaan dalam mengamalkan akhlak terpuji dan adab
Islami melalui pemberian contoh-contoh perilaku dan cara mengamalkannya dalam
kehidupan sehari-hari. Secara substansial mata pelajaran Akidah-Akhlak memiliki
kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan al-akhlakul
karimah dan adab Islami dalam kehidupan sehari-hari sebagai manifestasi
dari keimanannya kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya,
rasul-rasul-Nya, hari akhir, serta Qada dan Qadar.
Al-akhlak al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan sejak dini oleh
peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam rangka mengantisipasi
dampak negatif era globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa
dan Negara Indonesia.
Mata Pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk
membekali peserta didik agar dapat:
a. Menumbuhkembangkan akidah melalui
pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan,
pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga
menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada
Allah SWT;
b. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan
menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun sosial,
sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.
4. Sejarah Kebudayaan Islam
Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata
pelajaran PAI yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan
kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam
pada masa lampau, mulai dari sejarah
masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW,
sampai dengan masa Khulafaurrasyidin. Secara
substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan
Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik
untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan
untuk melatih kecerdasan, membentuk
sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
a. Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW dalam
rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b. Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan
sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
c. Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau.
e. Mengembangkan kemampuan peserta
didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam),
meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial,
budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan
kebudayaan dan peradaban Islam.
5. Bahasa Arab
Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran
yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina
kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik reseptif
maupun produktif. Kemampuan reseptif
yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu
kemampuan menggunakan bahasa sebagai
alat komunikasi baik secara lisan maupun
tulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab
tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu
al-Qur’an dan hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan
Islam bagi peserta didik.
Untuk itu, bahasa Arab di
madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang
mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, yaitu
menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun begitu, pada tingkat
pendidikan dasar (elementary) dititikberatkan pada kecakapan menyimak
dan berbicara sebagai landasan berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate),
keempat kecakapan berbahasa diajarkan secara seimbang. Adapun pada tingkat
pendidikan lanjut (advanced) dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan
menulis, sehingga peserta didik diharapkan mampu mengakses berbagai referensi
berbahasa Arab.
Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai
berikut:
a. Mengembangkan
kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang
mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam),
membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
b. Menumbuhkan
kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk
menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran
Islam.
c. Mengembangkan
pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas
cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan
lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
C.
RUANG LINGKUP
1. Al-Qur'an-Hadis
Ruang lingkup mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah
Ibtidaiyah meliputi:
a.
Pengetahuan dasar
membaca dan menulis al-Qur'an yang benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.
b.
Hafalan surat-surat
pendek dalam al-Qur'an dan pemahaman sederhana tentang arti dan makna
kandungannya serta pengamalannya melalui keteladanan dan pembiasaan dalam
kehidupan sehari-hari.
c.
Pemahaman dan
pengamalan melalui keteladanan dan pembiasaan mengenai hadis-hadis yang
berkaitan dengan kebersihan, niat, menghormati orang tua, persaudaraan,
silaturahmi, takwa, menyayangi anak yatim, salat berjamaah, ciri-ciri orang
munafik, dan amal salih.
2. Fikih
Ruang lingkup mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah meliputi:
a.
Fikih ibadah, yang
menyangkut: pengenalan dan pemahaman tentang cara pelaksanaan rukun Islam yang
benar dan baik, seperti: tata cara taharah, salat, puasa, zakat, dan ibadah
haji.
b.
Fikih muamalah,
yang menyangkut: pengenalan dan pemahaman mengenai ketentuan tentang makanan
dan minuman yang halal dan haram, khitan, kurban, serta tata cara pelaksanaan
jual beli dan pinjam meminjam.
3. Akidah-Akhlak
Mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah
berisi pelajaran yang dapat mengarahkan kepada pencapaian kemampuan dasar
peserta didik untuk dapat memahami rukun iman dengan sederhana serta pengamalan
dan pembiasaan berakhlak Islami secara sederhana pula, untuk dapat dijadikan
perilaku dalam kehidupan sehari-hari serta sebagai bekal untuk jenjang
pendidikan berikutnya.
Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah meliputi:
a.
Aspek
akidah (keimanan) meliputi:.
1)
Kalimat
thayyibah sebagai materi pembiasaan, meliputi: Laa ilaaha illallaah,
basmalah, alhamdulillaah, subhanallaah, Allaahu Akbar, ta’awwudz, maasya Allah,
assalaamu’alaikum, salawat, tarji’, laa haula walaa quwwata illaa billah,
dan istighfaar.
2)
Al-asma’ al-husna sebagai materi pembiasaan,
meliputi: al-Ahad, al-Khaliq, ar-Rahmaan, ar-Rahiim, as- Samai’, ar-Razzaaq,
al-Mughnii, al-Hamiid, asy-Syakuur, al-Qudduus, ash-Shamad, al-Muhaimin,
al-‘Azhiim, al- Kariim, al-Kabiir, al-Malik, al-Baathin, al-Walii, al-Mujiib,
al-Wahhiab, al-’Aliim, azh-Zhaahir, ar-Rasyiid, al-Haadi, as-Salaam, al-Mu’min,
al-Latiif, al-Baaqi, al-Bashiir, al-Muhyi, al-Mumiit, al-Qawii, al-Hakiim,
al-Jabbaar, al-Mushawwir, al-Qadiir, al-Ghafuur, al-Afuww, ash-Shabuur, dan
al-Haliim.
3) Iman kepada
Allah dengan pembuktian sederhana melalui kalimat thayyibah, al-asma’
al-husna dan pengenalan terhadap salat lima waktu sebagai manifestasi iman
kepada Allah.
4) Meyakini rukun
iman (iman kepada Allah, Malaikat, Kitab, Rasul dan Hari akhir serta Qada dan
Qadar Allah)
b.
Aspek akhlak
meliputi:
a.
Pembiasaan akhlak
karimah (mahmudah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan
jenjang kelas, yaitu: disiplin, hidup bersih, ramah, sopan-santun, syukur
nikmat, hidup sederhana, rendah hati, jujur, rajin, percaya diri, kasih sayang,
taat, rukun, tolong-menolong, hormat dan
patuh, sidik, amanah, tablig, fathanah, tanggung jawab, adil, bijaksana,
teguh pendirian, dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal.
b.
Mengindari akhlak
tercela (madzmumah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan
jenjang kelas, yaitu: hidup kotor, berbicara jorok/kasar, bohong, sombong,
malas, durhaka, khianat, iri, dengki, membangkang, munafik, hasud, kikir,
serakah, pesimis, putus asa, marah, fasik, dan murtad.
c.
Aspek adab Islami,
meliputi:
1)
Adab terhadap diri
sendiri, yaitu: adab mandi, tidur, buang air besar/kecil, berbicara, meludah,
berpakaian, makan, minum, bersin, belajar, dan bermain.
2)
Adab terhadap
Allah, yaitu: adab di masjid, mengaji, dan beribadah.
3)
Adab kepada sesama,
yaitu: kepada orang tua, saudara, guru, teman, dan tetangga
4)
Adab terhadap lingkungan,
yaitu: kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan.
d.
Aspek kisah
teladan, meliputi: Kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan, Nabi Sulaiman dengan
tentara semut, masa kecil Nabi Muhammad SAW, masa remaja Nabi Muhammad SAW,
Nabi Ismail, Kan’an, kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf AS, Tsa’labah,
Masithah, Ulul Azmi, Abu Lahab, Qarun, Nabi Sulaiman dan umatnya,
Ashabul Kahfi, Nabi Yunus dan Nabi Ayub. Materi kisah-kisah teladan ini
disajikan sebagai penguat terhadap isi materi, yaitu akidah dan akhlak,
sehingga tidak ditampilkan dalam Standar Kompetensi, tetapi ditampilkan dalam
kompetensi dasar dan indikator.
4. Sejarah Kebudayaan Islam
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di
Madrasah Ibtidaiyah meliputi :
1. Sejarah
masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW.
2. Dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya, yang
meliputi kegigihan dan ketabahannya dalam berdakwah, kepribadian Nabi Muhammad
SAW, hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif, peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi
Muhammad SAW.
3. Peristiwa
hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib, keperwiraan Nabi Muhammad SAW, peristiwa Fathu
Makkah, dan peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW.
4. Peristiwa-peristiwa pada masa khulafaurrasyidin.
5. Sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah
masing-masing.
5. Bahasa Arab
Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah meliputi
tema-tema tentang perkenalan, peralatan madrasah, pekerjaan, alamat, keluarga,
anggota badan, di rumah, di kebun, di madrasah, di laboratorium, di
perpustakaan, di kantin, jam, kegiatan sehari-hari, pekerjaan, rumah, dan
rekreasi.
D. STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
1. Al-Qur'an-Hadis
Kelas I,
Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghafal
surat-surat pendek secara benar dan fasih
|
1.1
Melafalkan, surat al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq, al-Ikhlaas, dan
surat al-Lahab secara benar dan fasih
|
1.2
Menghafalkan, surat al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq, al-Ikhlaas, dan
surat al-Lahab secara benar dan fasih
|
|
Kelas I, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
2.
Memahami
huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya
|
2.1 Mengidentifikasi huruf-huruf
hijaiyah dan tanda bacanya
|
2.2 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai
makhrajnya
|
|
3.
Menghafal
surat-surat pendek
|
3.1 Melafalkan surat al-Nashr,
al-Quraisy
|
3.2
Menghafalkan al-Nashr, al-Quraisy
|
|
4. Memahami
hadis tentang kebersihan secara sederhana
|
4.1
Menerjemahkan hadis tentang kebersihan
secara sederhana
|
4.2
Menghafalkan hadis tentang kebersihan
|
|
4.3
Menunjukkan perilaku bersih di
lingkungannya
|
|
Kelas
II, Semester 1
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menulis
huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung
|
1.1 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara
terpisah dengan benar
|
1.2
Menulis huruf-huruf hijaiyah
secara bersambung dengan benar
|
|
2
Memahami
kaidah ilmu tajwid
|
2.1
Menerapkan
tanda baca wakaf dan wasal
|
3
Menghafal
surat pendek
|
3.1
Melafalkan surat al-Kausar secara benar
dan fasih
|
3.2
Menghafalkan surat al-Kausar secara benar
dan fasih
|
Kelas II, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4. Menghafal
surat-surat pendek secara benar dan fasih
|
4.1 Melafalkan surat al-Kaafirun, al-Maa’un, al-Fiil, al-‘Ashr, dan surat al-Qadr
secara benar dan fasih
|
4.2 Menghafalkan
surat al-Kaafirun,
al-Maa’un, al-Fiil, al-‘Ashr,
dan surat al-Qadr secara benar dan fasih
|
|
5. Memahami hadis tentang hormat
kepada kedua orang tua
|
5.1 Menerjemahkan hadis tentang hormat kepada orang tua secara sederhana
|
5.2 Menunjukkan perilaku hormat
kepada orang tua
|
|
Kelas III, Semester 1
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih
|
1.1 Membaca surat al-Humazah, at-Takaatsur, dan al-Zalzalah
secara benar dan fasih
|
1.2 Menghafalkan surat al-Humazah,
at-Takaatsur, dan al-Zalzalah secara benar dan fasih
|
|
2.
Memahami
kaidah ilmu tajwid
|
2.1 Memahami
bacaan ghunnah,
“Al-Qamariyah”
dan “Al-Syamsiyah”
|
2.2
Menerapkan bacaan ghunnah,
“Al-Qamariyah” dan “Al-Syamsiyah”
|
|
3.
Membaca
hadis tentang salat berjamaah
|
3.1 Menghafalkan hadis tentang salat berjamaah
|
3.2 Menerapkan perilaku salat
berjamaah dalam kehidupan sehari-hari
|
|
Kelas III, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4. Menghafal
surat-surat pendek secara benar dan fasih
|
4.1 Membaca
surat al-Qaari’ah dan surat at-Tin
secara benar dan fasih
|
4.2 Menghafalkan surat al-Qaari’ah dan
surat at-Tin secara benar dan fasih
|
|
5. Memahami
arti surat-surat pendek
|
5.1 Mengartikan
surat al-Faatihah dan surat al-Ikhlaas
|
5.2 Menerapkan kandungan surat al-Faatihah
dan al- Ikhlas
|
|
6.
Memahami
kaidah ilmu tajwid
|
6.1
Mengenal bacaan Mad Thabi’i, Mad Waajib Muttasil,
dan Mad Jaa’iz Munfasil
|
6.2
Menerapkan bacaan Mad Thabi’i, Mad Waajib Muttasil
dan Mad Jaa’iz Munfasil
|
|
7.
Memahami
hadis tentang persaudaraan secara benar dan fasih
|
7.1 Menghafalkan hadis
tentang persaudaraan
|
7.2 Menerapkan perilaku persaudaraan dengan
sesama
|
|
Kelas IV, Semester 1
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih
|
1.1 Membaca
surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah secara benar dan fasih
|
1.2.
Menghafalkan surat al-‘Adiyat secara benar dan
fasih
|
|
2. Memahami arti surat-surat pendek
|
2.1
Mengartikan surat an-Nashr dan surat al-Kautsar
|
2.2.
Memahami isi kandungan surat an-Nashr dan al-Kautsar
secara sederhana
|
|
3.
Memahami
kaidah ilmu tajwid
|
3.1
Memahami hukum
bacaan idhar dan ikhfa’
|
3.2
Menerapkan
hukum bacaan idhar dan ikhfa’
|
|
Kelas
IV, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4. Memahami arti surat pendek dan hadis
tentang niat dan silaturahmi
|
4.1
Mengartikan
surat al-Lahab
|
4.2
Menjelaskan isi kandungan surat al-Lahab secara
sederhana
|
|
4.3 Menerjemahkan
isi kandungan hadis tentang niat dan
silaturahmi
|
|
4.4 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang niat
dan silaturahmi secara sederhana
|
|
5. Menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid
|
5.1 Memahami hukum bacaan idgham
bighunnah,
idgham bilaghunnah, dan iqlab
|
5.3
Menerapkan hukum bacaan idgham bighunnah, idgham
bilaghunnah, dan iqlab
|
|
Kelas V, Semester 1
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami arti surat pendek
|
1.1
Menerjemahkan surat al-Kaafirun , surat al-Maa’un,
dan surat at-Takaatsur
|
1.2
Menjelaskan isi kandungan surat al-Kaafirun,surat
al-Maa’un,dan surat at-Takaatsur secara sedarhana
|
|
2. Memahami arti hadis tentang menyayangi
anak yatim
|
2.1 Menerjemahkan hadis tentang menyayangi
anak yatim
|
2.3
Menjelaskan isi kandungan hadis tentang menyayangi anak
yatim secara sedarhana
|
|
Kelas
V, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3. Menghafalkan surat-surat pendek secara
benar dan fasih
|
3.1
Membaca surat al-‘Alaq secara benar dan fasih
|
3.2
Menghafal surat al-‘Alaq secara benar dan fasih
|
|
4. Memahami arti surat pendek
|
4.1
Menerjemahkan surat al-Qadr
|
4.2
Menjelaskan isi kandungan surat al-Qadr tentang
malam Lailatul Qadr secara sederhana
|
|
5. Memahami arti hadis tentang takwa dan
ciri-ciri orang munafik
|
5.1
Menerjemahkan hadis tentang takwa dan ciri-ciri orang
munafik
|
5.2 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang takwa
dan ciri-ciri orang munafik secara sederhana
|
|
Kelas
VI, Semester 1
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghafal surat pendek secara benar dan
fasih
|
1.1
Membaca surat ad-Dhuhaa secara benar dan fasih
|
1.2
Menghafal surat ad-Dhuhaa secara benar dan fasih
|
|
2. Memahami arti surat pendek pilihan
|
2.1
Menerjemahkan
surat ad-Dhuhaa
|
2.2
Menjelaskan isi kandungan surat ad-Dhuhaa
tentang meyakini kehidupan akhirat
lebih baik daripada kehidupan dunia dengan sederhana
|
|
3. Memahami hadis tentang keutamaan memberi
|
3.1
Menerjemahkan
hadis tentang keutamaan memberi
|
3.2
Menjelaskan hadis tentang keutamaan memberi secara
sederhana
|
|
Kelas
VI, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4. Menghafalkan surat pendek secara benar
dan fasih
|
4.1
Membaca surat al-Bayyinah dengan baik dan fasih
|
4.2
Menghafal surat al-Bayyinah dengan baik dan
fasih
|
|
5. Memahami arti arti hadis tentang amal
salih
|
5.1
Menerjemahkan hadis tentang amal salih
|
5.2
Menjelaskan isi kandungan hadis tentang amal salih
secara sederhana
|
|
5.3
Menerapkan isi kandungan hadis tentang amal salih
kaitannya dengan berakhlak dengan sesama
|
2. Fikih
Kelas I, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal lima rukun Islam
|
1.1 Menyebutkan lima rukun Islam
1.2 Menghafalkan syahadatain dan artinya
|
2.
Mengenal tata cara bersuci dari najis
|
2.1 Menjelaskan
pengertian bersuci dari najis
2.2 Menjelaskan
tata cara bersuci dari najis
2.3 Menirukan
tata cara menyucikan najis.
2.4 Membiasakan hidup suci dan bersih
dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas
I, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.
Mengenal tata cara wudu
|
3.1
Menjelaskan tata
cara wudu
3.2 Mempraktikkan
tata cara wudu
3.3 Menghafal doa sesudah wudu
|
4. Mengenal tata cara salat fardu
|
4.1 Menyebutkan macam-macam salat Fardu
4.2 Menirukan gerakan salat
fardu
4.3 Menghafal
bacaan salat fardu
|
Kelas II, Semester 1
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mempraktikkan salat fardu
|
1.1 Menyebutkan ketentuan tata cara salat fardu
1.2 Mempraktikkan keserasian gerakan dan
bacaan salat fardu
|
2. Mengenal azan dan iqamah
|
2.1 Menyebutkan ketentuan azan dan iqamah
2.2 Melafalkan azan dan iqamah
2.3 Mempraktikkan azan dan iqamah
|
Kelas
II, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3. Mengenal tata cara salat
berjamaah
|
3.1 Menjelaskan
ketentuan tata cara salat berjamaah
3.2 Menirukan salat berjamaah
|
4.
Melakukan zikir dan doa
|
4.1 Melafalkan zikir setelah salat fardu
4.2 Melafalkan doa setelah salat fardu
|
Kelas III, Semester 1
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal salat sunah rawatib
|
1.1 Menjelaskan ketentuan salat sunah rawatib
1.2 Mempratikkan tata cara salat rawatib
|
2. Mengenal salat Jumat
|
2.1 Mengenal ketentuan salat Jumat
2.2 Membiasakan mengikuti salat Jumat
|
3.
Mengenal tata cara salat bagi orang yang sakit
|
3.1 Menjelaskan tata cara salat bagi orang
yang sakit
3.2 Mendemonstrasikan cara salat dalam keadaan
sakit
|
Kelas
III, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal
puasa Ramadan
|
1.1
Menjelaskan ketentuan puasa Ramadan
1.2
Menyebutkan hikmah puasa Ramadan
|
2. Mengenal amalan-amalan di
bulan Ramadan
|
2.1 Menjelaskan ketentuan salat tarawih
2.2 Menjelaskan ketentuan salat witir
2.3 Menjelaskan keutamaan-keutamaan yang ada
dalam bulan Ramadan
|
Kelas IV, Semester 1
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengetahui ketentuan zakat
|
1.1
Menjelaskan macam-macam zakat
1.2
Menjelaskan ketentuan zakat fitrah
1.3
Mempraktekkan tata cara zakat fitrah
|
2.
Mengenal ketentuan infak dan sedekah
|
2.1
Menjelaskan ketentuan infak dan sedekah
2.2 Mempraktikkan tata cara
infak dan sedekah
|
Kelas
IV, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3. Mengenal ketentuan salat Id
|
3.1
Menjelaskan macam-macam salat Id
3.2
Menjelaskan ketentuan salat Id
3.3
Mendemonstrasikan tata cara salat Id
|
Kelas
V, Semester 1
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Mengenal ketentuan makanan dan
minuman yang halal dan haram.
|
1.1 Menjelaskan ketentuan makanan dan minuman
yang halal dan haram
1.2 Menjelaskan binatang yang halal dan haram
dagingnya
1.3 Menjelaskan
manfaat makanan dan minuman halal
1.4 Menjelaskan akibat makanan dan minuman haram
|
Kelas V, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
2. Mengenal ketentuan kurban
|
2.1 Menjelaskan ketentuan kurban
2.2 Mendemonstrasikan tata cara kurban
|
3.
Mengenal tata cara ibadah haji
|
3.1 Menjelaskan tata cara haji
3.2 Mendemonstrasikan tata cara haji
|
Kelas VI, Semester 1
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal tata cara mandi
wajib
|
1.1 Menjelaskan ketentuan mandi wajib setelah
haid
|
2. Mengenal ketentuan khitan
|
2.1 Menjelaskan ketentuan khitan
2.2 Menjelaskan hikmah khitan
|
Kelas VI, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3. Mengenal ketentuan jual beli
dan pinjam meminjam.
|
3.1 Menjelaskan tata cara jual
beli dan pinjam meminjam
3.2 Mempraktikkan tata cara jual beli dan
pinjam meminjam
|
3. Akidah-Akhlak
Kelas I, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mengenal
rukun iman, syahadat tauhid dan syahadat rasul, al-asma’
al-husna (al-Ahad dan al- Khaliq)
|
1.1 Menghafal enam rukun iman1.2 Menghafal dua kalimat syahadat1.3 Mengartikan dua kalimat syahadat1.4 Mengenal sifat-sifat Allah (al-Ahad dan al-Khaliq) melalui kisah Nabi Ibrahim AS mencari Tuhannya |
2. Membiasakan
akhlak terpuji
|
2.1 Membiasakan berakhlak terpuji: hidup
bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Adab mandi dan berpakaian
|
3. Menghindari akhlak tercela.
|
3.1 Membiasakan
diri untuk menghindari akhlak tercela: hidup kotor, bohong/dusta, dan berbicara
kotor dalam kehidupan sehari-hari.
|
Kelas I, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4. Memahami
kalimat thayyibah (basmalah) dan al-asma’ al-husna (ar-
Rahman, ar-Rahiim dan as- Sami’)
|
4.1 Mengenal
Allah melalui kalimat thayyibah (basmalah)
4.2 Mengenal
Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’al husna (ar-Rahman,
ar-Rahiim dan as-Sami’)
|
5.
Membiasakan akhlak terpuji
|
5.1 Membiasakan adab belajar dan
bermain
5.2 Membiasakan adab makan dan
minum
|
6.
Menghindari
akhlak tercela
|
6.1
Membiasakan diri untuk menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong dalam
kehidupan sehari-hari
|
Kelas II, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami
kalimat thayyibah (hamdalah), dan al-asma’ al-husna (ar-Razzaaq,
al-Mughnii, al-Hamiid, dan asy-Syakuur)
|
1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah
(hamdalah)
1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah
yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (ar-Razzaaq, al-Mughnii,
al-Hamiid, dan asy-Syakuur)
1.3 Mengenal Allah melalui pengenalan terhadap
salat lima waktu
|
2. Membiasakan
akhlak terpuji
|
2.1 Membiasakan bersikap syukur nikmat, hidup
sederhana, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Membiasakan berakhlak baik ketika berpakaian, makan-minum, dan bersin dalam kehidupan sehari-hari |
3. Menghindari akhlak tercela
|
3.1 Menghindari sifat sombong melalui kisah masa kecil Nabi Muhammad SAW |
Kelas
II, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4.
Memahami
kalimat thayyibah (tasbiih) dan al-asma’ al-husna (al-Qudduus,
ash-Shamad, al-Muhaimin, dan al Badii’).
|
4.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah
(tasbiih)
4.2 Mengenal Allah melalui
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Qudduus,
ash-Shamad, al-Muhaimin, dan al Badii’)
|
5. Membiasakan
akhlak terpuji
|
5.1 Membiasakan bersifat jujur,
rajin, dan percaya diri
5.2 Membiasakan berakhlak baik
ketika belajar, mengaji, dan bermain dalam kehidupan sehari-hari
|
6.
Menghindari
akhlak tercela
|
6.1 Menghindari sifat malas melalui
kisah masa remaja Nabi Muhammad SAW
|
Kelas III, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami kalimat thayyibah (Subhaanallaah, Maasyaallah),
al-asma’ al-husna (al-Mushawwir, al-Haliim, dan al-Kariim)
|
1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah
(Subhanallaah, Maasyaallah)
1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah
yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Mushawwir, al-Haliim, dan
al-Kariim)
|
2. Beriman kepada
malaikat-malaikat Allah
|
2.1
Mengenal malaikat-malaikat Allah
|
3. Membiasakan akhlak terpuji
|
3.1 Membiasakan sifat
rendah hati, santun, ikhlas, dan dermawan dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Membiasakan berakhlak baik terhadap
kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ismail
|
4. Menghindari akhlak tercela
|
4.1 Menghindari sikap bodoh, pemarah,
kikir, dan boros
|
Kelas III, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
5. Memahami
kalimat thayyibah (ta’awudz), al-asma’ al-husna (al-Baathin,
al-Walii, al-Mujiib dan al-Wahhaab)
|
5.1 Mengenal
Allah melalui kalimat thayyibah (ta’awudz)
5.2 Mengenal
Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna
(al-Baathin, al-Walii, al-Mujiib, dan al-Wahhaab)
|
6. Beriman
kepada makhluk gaib selain Malaikat.
|
6.1. Mengenal
makhluk gaib selain Malaikat (jin dan setan)
|
7. Membiasakan
akhlak terpuji
|
7.1 Membiasakan sikap rukun dan
tolong-menolong
7.2 Membiasakan berakhlak baik
terhadap saudara dalam kehidupan sehari-hari
|
8.
Menghindari akhlak tercela
|
8.1 Menghindari sifat khianat, iri, dan dengki melalui kisah kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf AS
|
Kelas IV, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
kalimat thayyibah (inna lillaahi wa innaa ilaihi rajiuun) dan al-asma’
al-husna (al-Mukmin, al-Azhim, al- Haadii, al-Adlu, dan al-Hakam)
|
1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah
(inna lillaahi wa innaa ilaihi rajiuun)
1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah
yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Mukmin, al-Azhim, al-
Haadii, al-Adlu, dan al-Hakam)
|
2. Beriman
kepada kitab-kitab Allah
|
2.1 Mengenal
kitab-kitab Allah
|
3. Membiasakan
akhlak terpuji
|
3.1 Membiasakan sikap hormat dan patuh dalam
kehidupan sehari-hari
3.2 Membiasakan
sikap tabah dan sabar dalam
menghadapi cobaan melelui kisah Mashithah
|
4.
Menghindari akhlak tercela
|
4.1 Menghindari
akhlak tercela melalui kisah Tsa’labah
|
Kelas IV, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
5.
Memahami kalimat thayyibah (assalaamu’alaikum)
dan al-Asma’ al-husna (as- Salaam, al-Mukmin, dan al- Latiif)
|
5.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah
(assalaamu’alaikum)
5.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah
yang terkandung dalam al-Asma’ al-husna (as- Salaam, al-Mukmin,
dan al- Latiif)
|
6.
Beriman kepada Rasul-Rasul Allah
|
6.1 Mengenal
Rasul dan Nabi Allah
|
7.
Membiasakan akhlak terpuji
|
7.1 Membiasakan akhlak sidik, amanah,
tablig, fatanah dalam kehidupan
sehari-hari
7.2 Membiasakan akhlak terpuji terhadap teman
dalam kehidupan sehari-hari
7.3 Mencintai dan meneladani akhlak mulia lima
Rasul Ulul Azmi
|
8. Menghindari akhlak tercela
|
8.1 Menghindari sifat munafik dalam kehidupan
sehari-hari
|
Kelas V, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami kalimat thayyibah (Alhamdulillaah
dan Allahu Akbar), al-asma’ al-husna (al-Wahhaab, ar-Rozzaaq,
al-Fattaah, asy-Syakuur, dan al-Mughni)
|
1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah
(Alhamdulillaah dan Allahu Akbar)
1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah
yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Wahhaab, ar-Rozzaaq,
al-Fattaah, asy-Syakuur, dan al-Mughni)
|
2.
Beriman kepada hari akhir (kiamat)
|
2.1 Mengenal
adanya hari akhir (kiamat)
|
3.
Membiasakan akhlak terpuji
|
3.1 Membiasakan sikap optimis, qanaah, dan tawakkal
dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Membiasakan akhlak yang baik ketika di
tempat ibadah dan tempat umum
|
4. Menghindari akhlak tercela
|
4.1 Menghindari sifat pesimis, bergantung,
serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas V, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
5.
Memahami kalimat thayyibah (tarji’) dan
al-asma’ al-husna (al-Muhyii,
al-Mumiit)
|
5.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah
(tarji’)
5.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah
yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit
dan al-Baaqii)
|
6. Membiasakan akhlak terpuji
|
6.1 Membiasakan sikap teguh pendirian dan
dermawan dalam kehidupan sehari-hari
6.2 Membiasakan akhlak yang baik dalam hidup
bertetangga dan bermasyarakat
|
7. Menghindari akhlak tercela
|
7.1 Membiasakan diri untuk menghindari sifat
kikir dan serakah melalui
kisah Qarun
|
Kelas VI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Mengenal
kalimat thayyibah (astaghfirullaahal‘aziim) dan al-asma’
al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir)
|
1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah
(astaghfirullaahal‘aziim)
1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah
yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim,
al-Mushawwir dan al-Qadir)
|
2.
Beriman
kepada takdir Allah
|
2.1 Mengenal adanya Qada dan Qadar Allah
(takdir)
|
3.
Membiasakan akhlak terpuji
|
3.1 Membiasakan sifat tanggung jawab, adil dan
bijaksana dalam kehidupan sehari-hari
|
4.
Menghindari
akhlak tercela
|
4.1 Membiasakan
diri untuk menghindari sifat marah, fasik, murtad
|
Kelas VI, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
5.
Mengenal kalimat thayyibah (taubat), dan al-asma’
al-husna (al-Ghafuur, ash- Shabuur dan al-Haliim)
|
5.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah
(taubat)
5.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah
yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Ghafuur, al-Afuwwu,
ash- Shabuur dan al-Haliim)
|
6.
Membiasakan akhlak terpuji
|
6.1 Membiasakan sifat sabar dan taubat dalam
kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ayub AS dan kisah Nabi Adam AS
6.2 Membiasakan berakhlak baik terhadap
binatang dan tumbuhan dalam hidup sehari-hari.
|
4. Sejarah
Kebudayaan Islam
Kelas III, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Mengenal sejarah masyarakat Arab pra- Islam
|
1.1 Menceritakan kondisi alam, sosial, dan perekonomian masyarakat Arab pra-Islam
|
1.2 Menjelaskan keadaan adat-istiadat dan
kepercayaan masyarakat Arab pra-Islam
|
|
1.3 Menjelaskan masa remaja atau
masa muda Nabi Muhammad SAW
1.4 Mengambil ibrah dari
sejarah masyarakat Arab pra-Islam
|
Kelas
III, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
2. Mengenal sejarah
kelahiran Nabi Muhammad SAW
|
2.1 Menceritakan kejadian luar biasa yang
mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW
|
2.2 Menceritakan sejarah kelahiran dan
silsilah Nabi Muhammad SAW
|
|
2.3 Mengambil ibrah dari kenabian dan
kerasulan Muhammad SAW
|
|
3. Mengenal peristiwa kerasulan Muhammad SAW
|
3.1.
Mendeskripsikan peristiwa kerasulan Muhammad SAW
3.2 Mengambil ibrah peristiwa kerasulan
Muhammad SAW
|
Kelas
IV, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal dakwah Nabi
Muhammad SAW dan para sahabatnya
|
1.1 Menjelaskan dakwah Nabi Muhammad SAW
beserta para sahabatnya
|
1.2 Menunjukkan contoh ketabahan Nabi
Muhammad SAW beserta para sahabatnya dalam berdakwah
|
|
1.3 Meneladani
ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam berdakwah
|
|
2. Mengenal kepribadian Nabi
Muhammad SAW
|
2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad
SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
|
2.2 Menunjukkan contoh perilaku yang
meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam
|
|
2.3 Meneladani
kepribadian Nabi Muhammad SAW
sebagai rahmat bagi seluruh alam
|
Kelas
IV, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3. Memahami hijrah Nabi
Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah
|
3.1 Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad
SAW hijrah ke Thaif dan Habsyah
|
3.2 Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif
dan Habsyah
|
|
3.3 Meneladani kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Thaif
dan Habsyah
|
|
4. Memahami peristiwa Isra’
Mi’raj Nabi Muhammad SAW
|
4.1 Mendeskripsikan peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad
SAW
|
4.2 Mengambil hikmah dari peristiwa
Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW
|
Kelas
V, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal peristiwa hijrah
Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
|
1.1 Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi
Muhammad SAW ke Yatsrib
|
1.2
Menceritakan
peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke
Yatsrib
|
|
1.3
Mengambil
hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
|
|
2. Memahami keperwiraan Nabi
Muhammad SAW
|
2.1 Mendeskripsikan upaya yang dilakukan Nabi
Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama, dan
pertahanan)
|
2.2 Meneladani keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam membina
masyarakat Madinah
|
Kelas
V, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3. Mengenal peristiwa Fathu
Makkah
|
3.1 Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya Fathu
Makkah
|
3.2 Menceritakan kronologi peristiwa Fathu
Makkah
|
|
3.3 Mengambil ibrah dari peristiwa Fathu
Makkah
|
|
4.
Mengidentifikasi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW
|
4.1 Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir
hayat Rasulullah SAW
4.2 Mengambil hikmah dari peristiwa akhir
hayat Rasulullah SAW
|
Kelas
VI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal sejarah khalifah
Abu Bakar as-Shiddiq
|
1.1 Menjelaskan arti dan tugas
khulafaurrasyidin
|
1.2 Menceritakan silsilah, kepribadian Abu
Bakar as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah
Islam
|
|
1.3 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari khalifah Abu Bakar as-Shiddiq
|
|
1.4 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq
|
|
2.
Mengenal sejarah khalifah
Umar bin Khattab
|
2.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Umar
bin Khattab dan perjuangannya dalam dakwah Islam
|
2.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari khalifah Umar bin Khattab.
|
|
2.3 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekhalifahan Umar bin Khattab
|
|
3.
Mengenal sejarah khalifah Utsman bin Affan
|
3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman
bin Affan dan perjuangannya dalam
dakwah Islam
|
3.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari khalifah Utsman bin Affan
|
|
3.3 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekhalifahan Utsman bin Affan
|
Kelas
VI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
4. Mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi
Thalib
|
4.1 Menceritakan silsilah, kepribadian, dan
perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib
|
4.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai
positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
|
|
4.3 Meneladani nilai-nilai positif dari
kekhalifahan Ali bin Abi Thalib
|
|
5. Mengenal sejarah perjuangan
tokoh agama Islam di daerah masing-masing.
|
5.1 Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama Islam di
daerah masing-masing
|
5.2 Menceritakan sejarah perjuangan tokoh
agama Islam di daerah masing-masing
|
|
5.3 Meneladani perjuangan tokoh
agama Islam di daerah masing-masing
|
5. Bahasa Arab
Kelas IV, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1. Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang
perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
|
1.1
|
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran
( kata, kalimat ) tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
1.2
|
Menemukan makna atau gagasan dari wacana lisan
sederhana tentang
التعارف، الأدوات المدرسية، المهنة
|
|
2. Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
|
2.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
التعارف، الأدوات المدرسية،
المهنة
|
2.2
|
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat
sederhana tentang
التعارف، الأدوات المدرسية،
المهنة
|
|
3. Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
|
3.1
|
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
التعارف، الأدوات المدرسية،
المهنة
|
3.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang
التعارف، الأدوات المدرسية،
المهنة
|
|
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang perkenalan,
alat-alat madrasah, dan profesi
|
4.1
|
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi
kalimat sempurna tentang
المهنة، الأدوات المدرسية،
التعارف
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang
meliputi
اسم
إشارة + اسم مفرد/علم
dan
ضمائر
(أنا، أنت، أنتِ، هو، هي)
+ اسم مفرد مذكر/مؤنث/علم
|
Kelas IV, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
5. Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluarga, dan kehidupan
keluarga
|
5.1
|
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran
( kata, kalimat ) tentang
العنوان، الأسرة، الحياة
العائلية
|
5.2
|
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana
tentang
العنوان، الأسرة، الحياة
العائلية
|
|
6. Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang tentang
alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga
|
6.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
العنوان، الأسرة، الحياة
العائلية
|
6.2
|
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat
sederhana tentang
العنوان، الأسرة، الحياة
العائلية
|
|
7. Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluarga,
dan kehidupan keluarga
|
7.1
|
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
العنوان، الأسرة، الحياة
العائلية
|
7.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang
العنوان، الأسرة، الحياة
العائلية
|
|
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang tentang
alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga
|
8.1
|
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi
kalimat sempurna tentang
العنوان، الأسرة، الحياة
العائلية
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang
meliputi
الأرقام 1-10 وضمير
متصل مفرد مذكر أو مؤنث
|
Kelas V, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1. Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan rumah dan kebun.
|
1.1
|
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran
(kata, kalimat ) tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
1.2
|
Memahami
makna kata informasi tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
|
2. Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang lingkungan rumah dan kebun.
|
2.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
2.2
|
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat
sederhana tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
|
3. Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan rumah dan
kebun.
|
3.1
|
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
3.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
|
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang lingkungan
rumah dan kebun.
|
4.1
|
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi
kalimat sempurna tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang
meliputi
هذا/هذه +
ال + اسم + اسم صفة
|
Kelas V, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
5. Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang
lingkungan madrasah, perpustakaan, dan kantin.
|
5.1
|
Mengidentifikasibunyi huruf hijaiyah dan ujaran
( kata, kalimat ) tentang
في المدرسة، في المكتبة، في
المقصف
|
5.2
|
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana
tentang
في المدرسة، في المكتبة، في
المقصف
|
|
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang
lingkungan madrasah perpustakaan, dan kantin.
|
6.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
في المدرسة، في المكتبة، في
المقصف
|
6.2
|
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat
sederhana tentang
في المدرسة، في المكتبة، في
المقصف
|
|
7. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog tentang lingkungan madrasah perpustakaan, dan kantin.
|
7.1
|
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
في المدرسة، في المكتبة، في
المقصف
|
7.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang
في المدرسة، في المكتبة، في
المقصف
|
|
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang lingkungan
madrasah perpustakaan, dan kantin.
|
8.1
|
Menyusun
kata menjadi kalimat sempurna, membuat
karangan sederhana tentang
في المدرسة، في المكتبة، في
المقصف
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang
meliputi
مبتدأ + خبر + ظرف أو جار ومجرور
أو خبر مقدّم + مبتدأ مؤخّر+ نعت
|
Kelas VI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1. Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan sehari-hari
|
1.1
|
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran
( kata, kalimat ) tentang
الأعمال اليومية، الساعة
|
1.2
|
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana
tentang
الأعمال
اليومية، الساعة
|
|
2. Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang kegiatan
sehari-hari
|
2.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
الأعمال اليومية، الساعة
|
2.2
|
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat
sederhana tentang
الأعمال
اليومية، الساعة
|
|
3. Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang tentang kegiatan
sehari-hari
|
3.1
|
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
الأعمال اليومية، الساعة
|
3.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang
الأعمال
اليومية، الساعة
|
|
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang tentang kegiatan
sehari-hari
|
4.1
|
Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
الأعمال
اليومية، الساعة
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang
meliputi
فعل
مضارع/فعل أمر + مفعول به
|
Kelas VI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
5. Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan
yang telah dilakukan
|
5.1
|
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran
( kata, kalimat ) tentang
الرحلة، الواجب المنـزليّ
|
5.2
|
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana
tentang
الرحلة، الواجب المنـزليّ
|
|
6. Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang kegiatan yang telah dilakukan
|
6.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
الرحلة، الواجب المنـزليّ
|
6.2
|
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat
sederhana tentang
الرحلة، الواجب المنـزليّ
|
|
7. Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan yang telah dilakukan
|
7.1
|
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
الرحلة، الواجب المنـزليّ
|
7.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang
الرحلة، الواجب المنـزليّ
|
|
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang kegiatan yang telah dilakukan
|
8.1
|
Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
الرحلة، الواجب المنـزليّ
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang
meliputi
فعل ماض +
فاعل + مفعول به
|
E. ARAH
PENGEMBANGAN
Standar kompetensi dan
kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar