RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
NO: 1.1 /VI-1 /1-2 / MIS-AW/2012
I.Identitas
Satuan Pendidikan : MIS Al Washliyah Kabanjahe
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : VI / I
Materi Pokok :
Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Waktu :
140 Menit
II.Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup
dengan lingkungan tempat hidupnya
III.Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek)
dan lingkungan hidupnya
IV.Indikator
- Mencari contoh hewan yang memiliki ciri
khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
- Mendeskripsikan
cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat
pendeteksi
benda-benda
di sekitarnya (sonar).
V.Tujuan Pembelajaran:
o
Siswa dapat
Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
o
Siswa dapat
Mempelajari ciri khusus :
-
Alat pendeteksi
benda pada kelelawar (ekolokasi)
-
Kaki lengket pada
cecak dan tokek.
-
Lidah yang
panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
-
Punuk pada unta.
-
Mata dan
pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-
Semburan air ikan
pemanah.
-
Mempelajari
Bentuk sederhana bunga karang (koral).
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung
jawab ( responsibility )
Dan Ketelitian ( carefulness)
VI.Materi Ajar :
Ciri-ciri khusus beberapa
jenis hewan.
VII.Metode Pembelajaran :
Ceramah
VIII.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
a.
Pendahuluan ( 5 Menit )
Apersepsi dan Motivasi
Menyampaikan
Tujuan Pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan
b. Inti (60
Menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami
peta konsep tentang makhluk hidup
F
Mempelajari alat
pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-
Memancarkan
bunyi dari mulutnya,
-
bunyi tersebut
akan dipantulkan oleh benda disekitarnya,
-
selanjutnya
kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali
padanya
F
Mempelajari Kaki
lengket pada cecak dan tokek.
-
Telapak kaki
tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket
F
Mempelajari Lidah
yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
F Melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
|
( 20
Menit )
|
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(20
Menit)
(20
Menit)
|
c.Penutup ( 5 Menit )
o
Memberikan
kesimpulan
-
Kelelawar mencari
makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
-
Cecak dan tokek
merayap di dinding karena mempunyai perekat
-
Bunglon dan
landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.
- Pekerjaan Rumah (PR)
Pertemuan
ke-2
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menagih
tugas pertemuan sebelumnya
F
Mempelajari Punuk
pada unta.
-
Unta ada yang
memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk
-
Punuk berisi
lemakuntuk menyimpan cairan
-
Unta tidak
berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran
F
Mempelajari mata
dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-
Kedua mata
burung terletak di bagian depan kepala, memiliki leher yang lentur
-
Pendengaran nya
sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya.
F
Mempelajari
Semburan air ikan pemanah.
-
Menyemburkan
air pada hewan yang sedang bergantung
F
Mempelajari
Bentuk sederhana bunga karang (koral).
-
Menempel didasar
laut dan menunggu datangnya mangsa.
F
Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya
air
F Melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(25
Menit)
(20
Menit)
(20
Menit)
|
Penutup ( 5 Menit )
o
Memberikan
kesimpulan :
-
Unta memiliki
punuk untuk menyimpan air.
-
Burung hantu
menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa
-
Ikan pemanah
menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.
- Bunga karang enempel di dasar laut dan
menunggu datangnya mangsa
-
Pekerjaan Rumah (PR)
IX.Sumber Belajar / alat (media) :
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas VI
o
Buku atau majalah
dan Internet
X.Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
o Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk
memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di
sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di
sekitarnya (sonar)
|
Tugas
Individu
|
Laporan
|
o Sebutkanlah contoh hewan yang memiliki ciri khusus
untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o
Jelaskanlah
cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat
pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
*
Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
- Nilai = ( Jumlah skor :
jumlah skor maksimal ) X 10.
- Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui Kabanjahe, 2012
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran IPA
Muhammad Jazid,ST,S.Pd.I Solihin,S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar