Selasa, 14 Agustus 2012

CONTOH RPP Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
NO: 1.1  /VI-1 /1-2 / MIS-AW/2012

I.Identitas
Satuan Pendidikan                :    MIS Al Washliyah Kabanjahe
Mata Pelajaran                      :    Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester                       :    VI / I
Materi Pokok                          :    Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Waktu                                      :    140 Menit


II.Standar Kompetensi     :
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

III.Kompetensi Dasar
1.1    Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
IV.Indikator
-  Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
-  Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi  
    benda-benda di sekitarnya (sonar).
V.Tujuan Pembelajaran:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
o   Siswa dapat Mempelajari ciri khusus :
-       Alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-       Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-       Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
-       Punuk pada unta.
-       Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-       Semburan air ikan pemanah.
-       Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
                                                            Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
                                                            Dan Ketelitian ( carefulness)
VI.Materi Ajar  :
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.
VII.Metode Pembelajaran :
Ceramah

VIII.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan  ( 5 Menit )
Apersepsi dan Motivasi
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan

b. Inti (60 Menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
F  Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-    Memancarkan bunyi dari mulutnya,
-    bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya,
-    selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
F  Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-    Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket
F  Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

( 20 Menit )




Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(20 Menit)









(20 Menit)
     c.Penutup  ( 5 Menit )
o    Memberikan kesimpulan
-   Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
-   Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
-   Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.
                      -  Pekerjaan Rumah (PR)

Pertemuan ke-2
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F  Mempelajari Punuk pada unta.
-    Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk
-    Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan
-    Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran
F  Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-    Kedua mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki leher yang lentur
-    Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya.
F  Mempelajari Semburan air ikan pemanah.
-    Menyemburkan air pada hewan yang sedang bergantung
F  Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).
-    Menempel didasar laut dan menunggu datangnya mangsa.
F  Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya air
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
(25 Menit)



















(20 Menit)










(20 Menit)
Penutup ( 5 Menit )
o    Memberikan kesimpulan :
-   Unta memiliki punuk untuk menyimpan air.
-   Burung hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa
-   Ikan pemanah menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.
                      -  Bunga karang enempel di dasar laut dan menunggu datangnya mangsa
        -  Pekerjaan Rumah (PR)


IX.Sumber Belajar / alat (media) :
o    Buku  SAINS SD Relevan Kelas VI
o    Buku atau majalah dan Internet

X.Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o  Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
Tugas Individu



Laporan





o  Sebutkanlah contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o  Jelaskanlah cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.







 
 CATATAN :
-       Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
-       Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                                    
        Mengetahui                                                                                                  Kabanjahe,              2012                                  
        Kepala Sekolah                                                                                          Guru Mata Pelajaran  IPA             




        Muhammad  Jazid,ST,S.Pd.I                                                                  Solihin,S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar