Selasa, 14 Agustus 2012

contoh rpp 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
NO: 3.2 /VI-1 /14 / MIS-AW/2012

I.Identitas
Satuan Pendidikan                :    MIS Al Washliyah Kabanjahe
Mata Pelajaran                      :    Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester                       :    VI / I
Materi Pokok                          :     Keseimbangan Ekosistem
Waktu                                      :    70 Menit


II.Standar Kompetensi     :
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan

III.Kompetensi Dasar
3.2 Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
IV.Indikator
o  Mencari contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, misalnya kayu jati dan kayu cendana*).
o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan  membudidayakan tumbuhan langkah.

V.Tujuan Pembelajaran:
o    Siswa dapat Memahami bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia dan mengarah pada pemusnahan jenisnya,
o    Siswa Berdiskusi mengenai cara manusia memanfaatkan tunbuhan dengan bijaksana.

Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
                                                            Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan
                                                            Ketelitian ( carefulness)
VI.Materi Ajar :
Mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan.
VII.Metode Pembelajaran :
       Ceramah dan diskusi
VIII.Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-14

a. Pendahuluan  (5 Menit)
Apersepsi  dan Motivasi :
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan

b. Inti (60 Menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Memahami bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia dan mengarah pada pemusnahan jenisnya,
-    kayu jati (mebel, pintu, dan jendela)
-    kayu cendana (bahan keranjinan, kosmetik, minyak cendana)
-    batang gaharu (minyak astiri)
-    batang rotan (mebel dan kerajinan tangan)
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Berdiskusi mengenai cara manusia memanfaatkan tunbuhan dengan bijaksana.
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

(20 Menit)










(20 Menit)




F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan



(20 Menit)
c.Penutup (5 Menit)
-Memberikan kesimpulan bahwa bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, yaitu kayu jati (mebel, pintu, dan jendela), kayu cendana (bahan keranjinan, kosmetik, minyak cendana), batang gaharu (minyak astiri), batang rotan (mebel dan kerajinan tangan) dan Pekerjaan Rumah

IX.Sumber Belajar / alat (media) :
Buku  SAINS SD Relevan Kelas VI
X.Penilaian:       
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mencari contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, misalnya kayu jati dan kayu cendana*).
o  Menjelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan  membudidayakan tumbuhan langkah.
Tugas Individu



Uraian Objektif



o  Sebutkanlah contoh bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan dan mengarah pada pemusnahan jenisnya, misalnya kayu jati dan kayu cendana ?
o  Jelaskan berbagai cara penanggulangannya, misalnya penanaman tumbuhan kembali dan  membudidayakan tumbuhan langkah.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
Dst.







   CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

        Mengetahui                                                                                                  Kabanjahe,              2012                                  
        Kepala Sekolah                                                                                          Guru Mata Pelajaran  IPA             



        Muhammad  Jazid,ST,S.Pd.I                                                                  Solihin,S.Pd.I      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar