Selasa, 14 Agustus 2012

SK &KD B.Indonesia


SETANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN BAHASA  INDONESIA
MI/SD
Kelas I,Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Mendengarkan

1.Memahami  bunyi bahasa,
    perintah,dan dongeng
    yang dilisankan

1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa

1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah
       atau petunjuk  sederhana

1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita


Berbicara

2.Mengungkapkan pikiran,
    perasaan,dan informasi,
    secara lisan dengan
    perkenalan dan tegur  
    sapa,pengenalan benda
    dan fungsi anggota  
    tubuh,dan deklamasi

2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat
       sederhana dan bahasa yang santun

2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakan
       kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun

2.3 Mendeskrifsikan  benda-benda disekitar dan
       fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana

2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan
       intonasi yang sesuai


Membaca

3.Memahami teks pendek
    dengan membaca nyaring

3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan
       lafal yang tepat.

3.2 Membaca nyaring kalimat sederhana dengan
       lafal dan intonasi yang tepat


Menulis

4.Menulis permulaan  
    dengan menjiplak,
    menebalkan,mencontoh,
    melengkapi dan menyalin

4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar,lingkaran,
       dan bentuk huruf

4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar,lingkaran,
       dan bentuk huruf

4.3 Mencontoh huruf,kata,atau kalimat sederhana
       dari buku atau papan tulis dengan benar

4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

4.5 Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas


Kelas I,Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Mendengarkan

5.Memahami wacana lisan
   tentang deskripsi benda-
   benda di sekitar dan dongeng



5.1 Mengulang deskrifsi tentang benda-benda di sekitar

5.2 Menyebutkan isi dongeng


Berbicara

6.Mengungkapkan pikiran,
    perasaan,dan informasi
    secara lisan dengan
    gambar,percakapan
    sederhana,dan dongeng



6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri
       Sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti

6.2 Melakukan percakapan sederhana dengan
       menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah
       dikuasai

6.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka
       tentang suatu hal atau kegiatan  dengan alas an
       sederhana

6.4 Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat
       yang disukai dengan ekspresi yang sesuai



Membaca

7.Memahami teks pendek denganmembaca lancer dan membaca puisi anak




7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana
       yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang
       tepat

7.2 Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris
       dengan lafal dan intonasi yang tepat


 Menulis

8.Menulis permulaandengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin



8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
      dengan huruf tegak bersambung

8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak
       Bersambung




Kelas II,Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Mendengarkan

1.Memahami teks pendek dan
    puisi anak yang dilisankan



1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat
       sendiri isi teks pendek

1.2 Mendeskrifsikan isi puisi


Berbicara

2.Mengungkapkan pikiran,pe-
    rasaan,dan pengalaman
    secara lisan melalui kegiatan
    bertanya,bercerita,dan
    deklamasi



2.1 Bertanya  kepada orang lain dengan menggunakan
       pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa

2.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang
       mudah dipahami orang lain

2.3 Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat


Membaca

3.Memahami teks pendek
   dengan membaca lancar
   dan membaca puisi anak



3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat)
       yang di baca dengan membaca lancar

3.2 Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca


Menulis

4.Menulis permulaan
    melalui kegiatan melengkapi
    cerita dan dikte



4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat

4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
       dengan menggunakan huruf tegak bersambung
       dan memperhatikan penggunaan huruf kafital
       dan tanda titik.








Kelas II,Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Mendengarkan

5.Memahami pesan pendek
   dan dongeng yang dilisankan



5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada
       orang lain

5.2 Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya


Berbicara

6.Mengungkapkan secara lisan
   Bebera informasi dengan
   mendeskrifsikan benda dan
   bercerita



6.1 Mendeskrifsikan tumbuhan atau binatang disekitar
       sesuai ciri-cirinya  dengan menggunakan kalimat yang
       mudah di pahami orang lain

6.2 Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan
       dengan menggunakan kata-kata sendiri


Membaca

7.Memahami ragam wacana
    tulis dengan membaca
    nyaring dan membaca dalam
    hati



7.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan
       memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat

7.2 Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 Kalimat) yang
       dibaca dalam hati

Menulis

8.Menulis permulaan dengan
    mendeskrifsikan benda di
    sekitar dan menyalin puisi
    anak



8.1 Mendeskrifsikan tumbuhan atau binatang di
       sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis

8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
       yang rapi








Kelas III,Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Mendengarkan

1.Memahami penjelasan
   tentang petunjuk dan cerita
   anak  yang dilisankan



1.1    Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
 disampaikan secara lisan

1.2    Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
 disampaikan secara lisan


Berbicara

2.Mengungkapkan pikiran,pe-
   rasaan,pengalaman,dan
   petunjuk dengan bercerita
   dan memberikan tanggapan/
   saran



2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan
       menggunakan kalimat yang runtut dan mudah di
       pahami

2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu
      dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap
       suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang
       runtut dan pilihan kata yang tepat.

Membaca

3.Memahami teks dengan
    membaca nyaring,membaca
    intensif,dan membaca
    dongeng



3.1 Membaca nyaring teks (20-25 Kalimat) dengan lafal dan
       intonasi yang tepat

3.2 Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca
       intensif

3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca


Menulis

4.Mengungkapkan pikiran,
    perasan,dan informasi dalam
    bentuk paragraph dan puisi



4.1 Menyusun paragraph berdasarkan bahan yang tersedia
       dengan memperhatikan penggunaan  ejaan

4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar









Kelas III,Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Mendengarkan

5.Memahami cerita dan teks
    drama anak yang dilisankan



5.1 Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita
       pengalaman teman yang didengarnya.

5.2 Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari
       pembacaan teks drama anak yang didengarnya


Berbicara

6.Mengungkapkan pikiran,pe-
    rasaan,dan pengalaman
    secara lisan dengan berte-
    lepon  dan bercerita

6.1 Melakukan percakapan melalui telepon/alat komunikasi
       sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas

6.2 Menceritakan peristiwa yang pernah dialami,dilihat,atau
       didengar

Membaca

7.Memahami teks dengan
    membaca intensif ( 150-200
    kata) dan membaca puisi




7.1 Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi
       teks agak panjang (150-200 kata) yang dibaca secara
       intensif

7.2 Membaca puisi dengan lafal,intonasi,dan ekspresi yang
       tepat

Menulis

8.Mengungkapkan pikiran,pe-
    rasaan,dan informasi dalam
   karangan sederhana dan puisi



8.1 Menulis  karangan sederhana berdasarkan gambar seri
       menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat
      dengan memperhatikan penggunaan ejaan,huruf capital,
      dan tanda titik

8.2 Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata
       yang menarik








Kelas IV,Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Mendengarkan

1.Mendengarkan penjelasan
     tentang petunjuk denah dan
     simbol daerah/lambing
     korps



1.1    Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang
 di dengar

1.2    Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan
 tentang simbol daerah/lambang korps



Berbicara

2.Mendeskrifsikan secara lisan
    tempat sesuai denah dan
    petunjuk penggunaan suatu
    alat



2.1 Mendeskrifsikan tempat sesuai dengan denah atau
       gambar dengan kalimat yang runtut

2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan
       bahasa yang baik dan benar

Membaca

3.Memahami teks agak panjang
   (150-200 kata),petunjuk pe-
   makaian,makna kata dalam
   kamus/ensiklopedia



3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200
       kata) dengan cara membaca sekilas

3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian
       yang di baca

3.3 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam
       kamus/ensiklopedi melalui membaca memindai


Menulis

4.Mengungkapkan pikiran,pe-
    rasaan,dan informasi secara
    tertulis dalam bentuk perca-
    kapan,petunjuk,cerita,dan
    surat



4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan
       memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua,
      dan tanda petik)

4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau
       penjelasan tentang cara membuat sesuatu

4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan
       menggunaakan kata/kalimat yang tepat sehingga
       menjadi cerita yang padu

4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman
       atau cita-cita dengan bahasa yamg baik dan benar dan
       memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar,tanda
       titik,tanda koma,dll)

Kelas IV,Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Mendengarkan

5.Mendengarkan pengumuman
    dan pembacaan pantun



5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang di
       bacakan

5.2 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan
       intonasi yang tepat

Berbicara

6.Mengungkapkan pikiran,pe-
   rasaan,dan informasi dengan
   berbalas pantun dan ber-
   telepon



6.1 Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat

6.2 Menyampaikan pesan yang di terima melalui telepon
      sesuai dengan isi pesan


Membaca

7.Memahami teks melalui
   membaca intensif, membaca
   nyaring,dan membaca pantun



7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui
      membaca intensif

7.2 Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan
       intonasi yang tepat

7.3 Membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal
      dan intonasi yang tepat


Menulis

8.Mengungkapkan pikiran,pe-
    rasan,dan informasi secara
   tertulis dalam bentuk karang
   an,pengumuman,dan pantun
   anak



8.1 Menyusun karangan tentang  berbagai topik sederhana
      dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar,
      tanda titik,tanda koma,dll.)

8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan
       benar serta memperhatikan penggunaan ejaan

8.3 Membuat pantun anak  yang menarik tentang berbagai
       tema (persahabatan,ketekunan,kepatuhan,dll.) sesuai
      dengan ciri-ciri pantun





Kelas V,Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Mendengarkan

1. Memahami penjelasan nara sumber dan carita rakyat secara lisan




1.1    Menanggapi penjelasan narasumber (petani,pedagang,
nelayan,karyawan,dll.) dengan memperhatikan santun
         berbahasa

1.2    Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat
 yang didengarnya


Berbicara

2.Mengungkapkan pikiran,pendapat,perasaan,fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,menceritakan hasil pengamatan,atau berwawancara



2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan membe
       rikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pili-
       han kata dan santun berbahasa

2.2 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan
       bahasa runtut,baik,dan benar

2.3 Berwancara sederhana dengan nara sumber (petani,pe-
       dagang,nelayan,karyawan,dll.) dengan memperhatikan
       pilihan kata dan santun berbahasa


Membaca

3.Memahami teks dengan membaca teks percakapan,membaca cepat 75 kata/menit,dan membaca puisi



3.1 Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi
       yang tepat

3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca  
       dengan kecepatan 75 kata per menit

3.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat


Menulis

4.Mengungkapkan pikiran,perasaan,informasi,dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan,surat undangan dan dialog tertulis



4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan
       memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan

4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun,acara agama,kegi
       atan sekolah,kenaikan kelas,dll.) dengan kalimat efektif
       dan memperhatikan penggunaan ejaan

4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh
       dengan memperhatikan isi serta perannya


Kelas V,Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Mendengarkan

5.Memahami cerita tentang
    suatu peristiwa dan cerita
    pendek anak yang disampai-
    kan secara lisan



5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi diseki
       tar yang disampaikan secara lisan

5.2 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh,tema,latar,amanat)


Berbicara

6.Mengungkapkan pikiran dan
    perasaan secara lisan dalam
    diskusi dan bermain drama



6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang
       mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan
       santun berbahasa

6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal,intonasi,dan
       ekspresi yang tepat


Membaca

7.Memahami teks dengan mem
    baca sekilas,membaca memi-
    ndai,dan membaca cerita-
    anak



7.1 Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan mem-
       baca sekilas

7.2 Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks  
       Khusus (buku petunjuk telepon,jadwal perjalanan,daftar
       susunan acara,daftar menu,dll.) yang di lakukan melalui
       membaca memindai

7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat


Menulis

8.Mengungkapkan pikiran,pera
    saan,informasi,danfakta se-
    cara tertulis dalam bentuk
    ringkasan,laporan dan puisi  
    bebas




8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memper-
       hatikan penggunaan ejaan

8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berda-
       sarkan tahapan(catatan,konsep awal,perbaikan,final)
       dengan memperhatikan penggunaan ejaan

8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat





Kelas VI,Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Mendengarkan

1.Memahami teks dan cerita
    anak yang dibacakan



1.1    Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang di
 bacakan

1.2    Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema atau amanat
 dari cerita anak yang di bacakan


Berbicara

2.Memberikan informasi dan
   tanggapan secara lisan



2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari
      berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik dan
      benar

2.2 Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai
       alas an dengan menggunakan bahasa yang santun


Membaca

3.Memahami teks dengan
    membaca intensif dan
    membaca sekilas



3.1 Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan
       hasil pengamatan/kunjungan

3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus(ma-
       jalah anak,Koran,dll.)


Menulis

4.Mengungkapkan pikiran,
    Perasaan,dan informasi
    secara tertulis dalam bentuk
    fomulir,ringkasan,dialog,dan
    paraphrase



4.1 Mengisi formulir (pendaftaran,kartu anggota,wesel
       pos,kartu pos,daftar riwayat hidup,dll.) dengan benar

4.2 Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang
       didengar

4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan
       memperhatikan penggunaan ejaan

4.4 Mengubah puisi kedalam bentuk prosa dengan tetap
       memperhatikan makna puisi





Kelas VI,Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Mendengarkan

5.Memahami wacana lisan
    tentang berita dan drama
    pendek



5.1 Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau
       radio

5.2 Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan
       secara lisan


Berbicara

6.Mengungkapkan pikiran,
    perasaan,dan informasi  
    dengan berpidato,
    melaporkan isi buku,dan
    baca puisi



6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan
       (acara perpisahan,perayaan ulang tahun,dll.) dengan
       lafal,intonasi,dan sikap yang tepat

6.2 Melaporkan isi buku yang dibaca (judul,pengarang,
       jumlah halaman,dan isi) dengan kalimat yang runtut

6.3 Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang
       Tepat


Membaca

7.Memahami teks dengan
    membaca intensif dan
    membaca teks drama



7.1 Menemukan makna tersirat suatu teks melalui mem-
       baca intensif

7.2 Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh,sifat,latar,
       tema,jalan cerita,dan amanat) dari teks drama anak


Menulis

8.Mengungkapkan pikiran dan
    informasi secara tertulis
    dalam bentuk naskah pidato
    dan surat resmi



8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan,ulang
       tahun,perayaan sekolah,dll.) dengan bahasa yang baik
      dan benar,serta memperhatikan penggunaan ejaan

8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata
       sesuai dengan orang yang di tuju